Andre Rosiade Beri Beasiswa Anak Kurang Mampu di Bungus Padang Kuliah di ITB

Kami tak ingin ada anak berprestasi di Sumbar yang gagal kuliah

Wakil Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumbar Zulkifli didampingi Musdek menyerahkan beasiswa dari Andre Rosiade kepada Citra Feby Sintia. (Foto: Dok. Tim AR)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Lulus kuliah di kampus bergengsi nasional seperti Institut Teknoloti Bandung (ITB) harusnya membuat Citra Feby Sintia senang alang kepalang. Sempat dia begitu gembira, tapi ketika wanita yang hampir berumur 19 tahun itu keburu ingat bagaimana kondisi keluarganya, dia terdiam. Ibunya hanya seorang pekerja di rumah makan kecil di Pasar Laban, Kelurahan Bungus Selatan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung (Bungtekab), Kota Padang.

Sejak 26 Maret 2024 dia mengetahui lulus melalui Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), dan mencoba menceritakan kepada ibunya Fera Nofalista, tapi semakin mereka bingung. Dengan apa akan dibayar uang masuk kuliah dan ongkos serta perlengkapan kuliah yang besar. Angka yang entah bagaimana bisa didapat, sementara mereka tinggal bersama kakeknya di bekas rumah dinas kayu di dekat sebuah SD di Pasar Laban.

Tapi, keluarga Citra dan dia sendiri begitu dekat dengan Masjid Muhammadiyah Pasar Laban, Bungtekab. Jamaah tetap di sana. Mereka bercerita kepada salah seorang pengurus yang juga tokoh masyarakat setempat, Musdek. Pensiunan guru dan Kabid di Dinas Pendidikan Kota Padang ini mencoba menawarkan solusi, dengan ‘mengumumkan’ kondisi Citra di media sosialnya.

Dari sanalah informasi kelulusan anak pekerja rumah makan di ITB ini tersebar. Dan, anggota DPR RI asal Sumbar H Andre Rosiade pun banyak ‘ditag’ dan langsung merespons. Melalui timnya, Andre mengirimkan beasiswa senilai Rp30 juta untuk keperluan pendidikan Citra. Dana cash itu diantarkan Wakil Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumbar Zulkifli didampingi Musdek ke rumah Citra.

Zulkifli mengatakan, saat informasi didapat, Andre Rosiade baru pulang melaksanakan umrah dan langsung meminta tim bergerak. “Kami langsung datang ke rumah Citra. Ini bukan bantuan dari Baznas atau lembaga lain, tapi murni dari Pak Andre Rosiade. Anggota DPR RI dan juga Ketua DPD Gerindra Sumbar,” kata Zulkifli yang menyerahkan dana tunai kepada Citra.

Citra sangat senang dan berterima kasih, sejak dihubungi tim Andre Rosiade sehari sebelumnya. “Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Andre Rosiade yang telah memberikan bantuan kepada saya untuk melanjutkan kuliah di ITB. Semoga Bapak Andre sehat selalu dan dilancarkan rezekinya oleh Allah SWT. Sekali lagi terima kasih,” kata Citra dengan mata berkaca-kaca.

Dia menyebut, uang Rp30 juta itu akan digunakan untuk membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal) senilai Rp14,5 juta. Selanjutnya untuk membeli laptop yang lumayan baik dan juga untuk transportasi pergi ke Kampus ITB Bandung, Jawa Barat. “Kalau pendaftaran ulang sudah, tapi belum dibayar. Alhamdulillah dengan uang dari Pak Andre ini bisa dibayarkan segera,” kata Citra.

Tokoh masyarakat Bungus Musdek juga mengucapkan terima kasih kepada Andre Rosiade. Karena telah membantu masyarakat dan jamaah Masjid Muhammadiyah Bungus. Andre Rosiade juga selama ini sering membantu di Bungus. Masjid juga dibantu. Sekarang Citra, anak berprestasi yang kurang mampu.

“Kemarin saya ekspose di media sosial dan Pak Andre respons. Saya tahu sekali, Pak Andre sangat peduli terhadap hal ini. Alhamdulillah, bersama tim Pak Andre sudah sampai di rumah Citra yang kondisinya begini. Kami sangat bahagia, mudah-mudahan Citra ini pendidikannya lancar. Luar biasa Pak Andre Rosiade. Semoga dilindungi Allah SWT bersama keluarga dan karirnya juga demikian. Saya sering mengikuti dan tahu sekali berita-berita Pak Andre. Baik di pusat maupun di Sumbar,” katanya.

Musdek menyebut, Citra hidup bersama ibunya yang bekerja di kedai nasi dan tinggal bersama nenek dan kakeknya. Dia sudah ditinggalkan bapaknya sejak usia enam bulan. Neneknya juga berjualan kecil-kecilan di depan Masjid Muhammadiyah. Kakeknya nelayan pemancing ikan, pensiunan penjaga sekolah, tempat tinggal sangat sederhana. “Citra selama ini rajin belajar dan beribadah. Rumahnya dekat dengan rumah saya,” katanya.

Dihubungi terpisah, Andre Rosiade mendoakan pendidikan Citra tidak terhenti dan sukses mencapai cita-citanya. “Kami tak ingin ada anak berprestasi di Sumbar yang gagal kuliah. Karena itu lansung meminta tim menyerahkan dana yang cukup untuk memulai kuliah di ITB. Kami doakan Citra bisa menjadi anak yang sukses dan bisa membahagiakan orang tua dan berbuat untuk kampung halaman,” kata Anggota Komisi VI DPR RI ini. (rdr)

Exit mobile version