Rehab Puskesmas, Pemkab Pesisir Selatan Anggarkan Rp33 Miliar

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar. (ANTARA/HO-Humas Pesisir Selatan)

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar. (ANTARA/HO-Humas Pesisir Selatan)

PAINAN, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat menganggarkan Rp33 miliar untuk rehabilitasi puskesmas di daerah itu guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar di Painan Selasa mengatakan, sejumlah puskesmas di daerah itu sudah berdiri lebih dari 30 tahun dan tidak sebanding lagi dengan penambahan jumlah penduduk.

Karena itu, untuk memberikan pelayanan sektor kesehatan yang maksimal kepada masyarakat, maka sejumlah puskesmas akan direhabilitasi pada tahun 2024.

“Pelayanan kesehatan merupakan salah satu program prioritas kita di Pesisir Selatan, karena itu sarana penunjang seperti pembangunan infrastruktur kesehatan juga menjadi prioritas” katanya.

Ia menyebut dalam sebulan terakhir telah dilakukan peletakan batu pertama untuk dua puskesmas, yaitu Puskesmas Kambang dan Puskesmas Batang Kapas.

“Puskesmas Kambang dibangun pada tahun 1980-an, layak diganti dengan bangunan yang baru. Mengingat Puskesmas Kambang terletak di lokasi strategis dan jumlah penduduk yang padat,” katanya.

Menurut Rusma, keberadaan Puskesmas Kambang vital untuk melayani pasien di Kecamatan Lengayang dengan penduduk mendekati angka 60.000 jiwa.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan setempat Agustina Rahmadani menyebutkan bahwa Puskesmas Kambang merupakan satu dari sejumlah Puskesmas yang dibangun baru.

“Beberapa hari lalu, kita sudah lakukan seremonial batu pertama Puskesmas Batang Kapas” ujar Kadiskes tersebut.

Agustina menyebutkan bahwa pada tahun ini pihaknya mengalokasikan anggaran Rp33 miliar untuk pembangunan maupun rehabilitasi Puskesmas se-Kabupaten Pesisir Selatan.

Ia berharap dengan fasilitas yang baru, pelayanan yang diberikan puskesmas kepada masyarakat juga akan semakin maksimal. (rdr/ant)

Exit mobile version