Pohon Tumbang dan Longsor di Padang, 1 Orang jadi Korban

Longsor menghantam rumah seorang warga dan menyebabkan luka ringan di kawasan Kampung Batu, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang pada Selasa (27/8/2024) siang. (Foto: Dok. Pusdalops PB)

Longsor menghantam rumah seorang warga dan menyebabkan luka ringan di kawasan Kampung Batu, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang pada Selasa (27/8/2024) siang. (Foto: Dok. Pusdalops PB)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Hujan deras dan angin kencang yang terjadi di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) yang terjadi pada Selasa (27/8/2024) pagi hingga siang menyebabkan pohon tumbang hingga longsor.

Data yang berhasil dihimpun dari Pusat Kendali Operasi dan Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Kota Padang, terdapat tiga lokasi kejadian.

Peristiwa pertama terjadi di Sungai Barameh, Kelurahan Gaung, Teluk Nibung dan Sungai Beremas (Gates) Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung pukul 07.40 WIB.

Pohon tumbang menimpa rumah untuk kerusakan rumah sebesar 80 persen,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Hendri Zulviton via keterangan tertulis.

Pohon yang tumbang diketahui berjenis Sukun dengan ketinggian 20 meter dan diameter 70 sentimeter.

“Dalam kejadian tersebut, tidak korban jiwa. Kerugian ditaksir mencapai Rp10 juta,” katanya.

Peristiwa kedua, kata Hendri Zulviton terjadi di Purus III, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Pohon tumbang menimpa rumah Rita Astarita (45) pada pukul 12.40 WIB.

“Pohon yang tumbang jenis Jati, memiliki ketinggian 15 meter dan diameter 70 sentimeter. Tidak ada korban jiwa, kerugian Rp5 juta,” katanya.

Namun di tempat terpisah, insiden nahas harus dialami oleh Sulasmi (52), warga Kampung Batu, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan.

Perempuan paruh baya itu mengalami luka ringan usai tanah longsor menghantam rumahnya saat hujan deras melanda Kota Padang. Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 11.30 WIB.

“Batu besar menimpa rumah, kamar mandi dan pemilik rumah. Pemilik rumah mengalami luka ringan. Kerugian akibat kejadian tersebut mencapai Rp10 juta. Untuk pertolongan pertama, kami telah membantu satu terpal dan akan dilanjutkan oleh instansi terkait,” tuturnya.

Saat ini, seluruh peristiwa tersebut telah ditangani oleh BPBD Kota Padang. Masyarakat diminta terus waspada di tengah cuaca buruk yang terjadi belakangan ini. (rdr)

Exit mobile version