Akhirnya! DPRD Padang Punya Pimpinan Definitif

Pengumuman calon pimpinan definitif DPRD Kota Padang masa jabatan 2024-2029 itu dilakukan dalam rapat paripurna.

Gedung baru DPRD Kota Padang yang berlokasi di kawasan Aie Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Gedung ini menjadi kantor bagi 45 Anggota DPRD Kota Padang periode 2024-2029. (Foto: Dok. Istimewa)

Gedung baru DPRD Kota Padang yang berlokasi di kawasan Aie Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Gedung ini menjadi kantor bagi 45 Anggota DPRD Kota Padang periode 2024-2029. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang telah merampungkan pemilihan pimpinan definitif di lembaga legislatif tersebut untuk periode 2024-2029.

Pengumuman calon pimpinan definitif DPRD Kota Padang masa jabatan 2024-2029 itu dilakukan dalam rapat paripurna di Ruang Sidang Utama, Jumat (6/9/2024) pagi.

Ketua Sementara DPRD Kota Padang, Muharlion dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diusulkan sebagai calon Ketua DPRD Kota Padang definitif.

Sedangkan untuk posisi Wakil Ketua diisi beberapa nama seperti Mastilizal Aye dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Osman Ayub Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Jupri dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Para unsur pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang masa jabatan 2024-2029 diharapkan dapat menjalankan amanah sesuai tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya dan bisa bersinergi dengan eksekutif secara baik, dalam hal ini Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

Sejatinya, Pemko Padang siap bersinergi dan berkolaborasi bersama DPRD Kota Padang untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan warga.

Ketua Sementara DPRD Kota Padang, Muharlion selaku pimpinan sidang menyampaikan apresiasi atas telah terisinya kursi calon pimpinan definitif DPRD Kota Padang.

Hal ini diharapkan dapat mempercepat proses kerja legislatif, sehingga berbagai kebijakan publik yang menanti dapat segera ditindaklanjuti.

Pengusulan ini berdasarkan instruksi dari Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) yang meminta agar pimpinan sementara DPRD segera menetapkan calon pimpinan definitif.

“Setelah ini kami akan mengirimkan nama-nama yang diusulkan ke Gubernur dengan melampirkan Surat Keputusan (SK) dari masing-masing partai. Semoga dalam bulan ini sudah keluar Surat Keputusan (SK) persetujuan dari Gubernur. Setelah itu maka akan dilakukan prosesi pelantikan pimpinan definitif DPRD Kota Padang masa jabatan 2024-2029,” katanya.

Muharlion mengatakan, selain pengumuman calon pimpinan definitif DPRD Kota Padang, rapat paripurna kali ini juga dilanjutkan dengan penyampaian draf Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) DPRD Kota Padang tentang Tata Tertib DPRD Kota Padang.

“Agenda ini juga tak kalah penting sebagai tahapan dalam pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Kota Padang,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version