Padang Konfirmasi Tetap Gelar Peringatan Gempa 30 September

Peringatan ini sudah memasuki tahun yang ke-15.

Arsip 2023: Andree Harmadi Algamar yang kala itu menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) meninjau perbaikan di Monumen Tugu Gempa 30 September 2009. (Foto: Dok. Istimewa/RRI Padang/Bobby)

Arsip 2023: Andree Harmadi Algamar yang kala itu menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) meninjau perbaikan di Monumen Tugu Gempa 30 September 2009. (Foto: Dok. Istimewa/RRI Padang/Bobby)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Padang mengkonfirmasi akan tetap memperingati bencana gempa 30 September 2009 dengan menggelar kegiatan di Tugu Gempa, di samping Museum Adityawarman. Peringatan ini menandai 15 tahun sejak gempa dahsyat meluluhlantakkan Kota Padang.

“Tahun ini, kami kembali memperingati Gempa 30 September 2009. Peringatan ini sudah memasuki tahun yang ke-15,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Hendri Zulviton, Sabtu (7/9/2024) siang.

Peringatan tersebut, katanya, merupakan bagian dari kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang bertujuan mengingatkan kembali akan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana, serta melatih masyarakat agar selalu waspada dan siap ketika bencana datang.

Pada 30 September mendatang, berbagai kegiatan akan digelar, termasuk tabur bunga di Tugu Gempa, upacara, dan pembunyian sirine sebagai simbol memperingati tragedi tersebut.

“Selain sebagai pengingat sejarah, HKB juga dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap potensi bencana yang bisa terjadi kapan saja,” katanya.

Tidak hanya itu, BPBD Kota Padang juga menyelenggarakan berbagai kegiatan dan lomba terkait kesiapsiagaan bencana.

Di antaranya, lomba video kesiapsiagaan bencana, lomba video mars tangguh antar Kelompok Siaga Bencana, serta lomba kesiapsiagaan untuk pelajar tingkat SD dan SMP.

Sebagai bagian dari kampanye kesiapsiagaan, BPBD juga menggelar talkshow di radio, simulasi evakuasi tsunami (tsunami drill), kuliah umum tentang kebencanaan, dan penyebaran poster serta imbauan melalui media sosial dan langsung kepada masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat Kota Padang semakin siap dan tanggap dalam menghadapi bencana,” tuturnya. (rdr/ip)

Exit mobile version