207 Qori dan Qoriah Ikuti MTQ Tingkat Kecamatan Kuranji Padang

Kami berkomitmen menjadikan Padang yang madani.

Andree Harmadi Algamar. (Foto: Dok. Prokopim)

Andree Harmadi Algamar. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Andree Harmadi Algamar membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-41 Tingkat Kecamatan Kuranji, di halaman Masjid Al Jihad, Kelurahan Korong Gadang, Jumat (10/5/2024) malam.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gendang rebana qasidah oleh Andree Harmadi Algamar bersama Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang, Edy Oktaviandi, Camat Kuranji, Rido Satria, Tokoh Masyarakat Kuranji, Irwan Basyir, dan Ketua Panitia, M Fikar.

Andree Harmadi Algamar mengatakan, pelaksanaan lomba MTQ tingkat Kuranji ini merupakan implementasi dari Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang nomor 6 tahun 2023 tentang Wajib Baca Tulis Al-Qur’an bagi Peserta Didik Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.

“Kami berkomitmen menjadikan Padang yang madani. Salah satu upaya kami dengan melaksanakan MTQ yang bertujuan untuk pembinaan spiritual dan mental bagi masyarakat Kota Padang khususnya generasi muda,” katanya.

Andree Harmadi Algamar berharap melalui lomba MTQ ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas dari para qori dan qoriah, dan dapat memberikan pemahaman, pendalaman terhadap isi Al-Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami Pemerintah Kota (Pemko) Padang sangat mengapresiasi MTQ yang diadakan oleh Pemerintahan Kecamatan Kuranji ini. Semoga melalui MTQ ini dapat melahirkan qori dan qoriah terbaik yang akan mengharumkan nama Kota Padang di tingkat nasional nantinya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ Tingkat Kecamatan Kuranji, M Fikar menyampaikan, pelaksanaan MTQ ini berlangsung selama tiga hari, dari 10 sampai dengan 12 Mei 2024.

Peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 207 orang dengan memperlombakan sebanyak tujuh cabang.

“Ada tujuh cabang lomba yang kami perlombakan dalam MTQ kali ini. Di antaranya cabang tilawah, Sahil quran, Musabaqoh Fahmil Qur’an, Tahfiz, khutbah Jum’at dan adzan, dan cabang Tartil,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version