Hendri Septa: Kota Padang telah Miliki Muatan Lokal untuk Membentuk Karakter Anak Minangkabau

Calon Wali Kota Padang Hendri Septa bertemu tokoh adat dan Bundo Kandung di Tanah Sirah, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Rabu (18/9/2024). (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Hendri Septa, Calon Wali Kota petahana di Pilkada Padang menyatakan bahwa pemerintah telah meluncurkan program pendidikan muatan lokal yang fokus pada pembentukan karakter anak-anak Minangkabau. Program ini bertujuan untuk mengajarkan nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau kepada generasi muda.

“Ini adalah pendidikan yang tidak kita dapatkan di tingkat nasional, tapi sangat penting bagi pembentukan karakter anak-anak kita,” kata Hendri Septa saat bertemu dengan tokoh adat dan Bundo Kandung di kawasan Tanah Sirah, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Rabu (18/9/2024).

Ia menambahkan bahwa pendidikan lokal ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya dan budi pekerti yang mulai memudar di tengah masyarakat.

“Kita harus sadar bahwa pendidikan berbasis budaya Minang ini berperan besar dalam membentuk karakter generasi muda yang berintegritas,” tegasnya.

Hendri juga memberikan contoh nyata dari negara lain, yakni Jepang yang sukses membangun karakter kuat pada anak-anaknya.

“Anak-anak Jepang saat melintas di jalan, sesampainya di ujung jalan, mereka selalu memberikan penghormatan kepada pengendara mobil.”

“Ini contoh kesopanan yang sudah menjadi budaya mereka sejak kecil. Di Minangkabau, kita dulu juga menekankan karakter baik. Kita semua, akan bertanggung jawab agar anak-anak kita memiliki karakter sopan yang seharusnya,” ungkapnya.

Pemerintah Kota Padang, lanjut Hendri, telah menjalankan berbagai program sejak setahun yang lalu untuk memperkuat pembentukan karakter anak-anak.

“Kita di Padang berusaha membangun hal yang sama, sejak dini mengajarkan pentingnya budi pekerti dan karakter kepada anak-anak,” jelasnya.

Hendri menekankan bahwa pendidikan karakter ini tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah atau pemerintah saja, tetapi juga para orangtua.

“Pada dasarnya, karakter itu lahir dari kita sebagai orangtua. Jika kita mengajarkan nilai-nilai baik kepada anak-anak, maka karakter positif akan terbentuk secara alami,” tutupnya.

Dengan adanya program ini, diharapkan anak-anak di Padang dapat tumbuh menjadi generasi yang berkarakter kuat dan tetap menjaga nilai-nilai budaya Minangkabau yang luhur.

Sementara itu, anggota DPR RI dari Komisi VIII, Muhammad Asli Chaidir, menekankan pentingnya seorang pemimpin yang berpengalaman untuk memajukan Kota Padang.

Ia menyoroti beberapa capaian yang telah dicapai oleh Kota Padang di bawah kepemimpinan Hendri Septa.

“Oleh karena itu, ia mendorong pemimpin yang memiliki rekam jejak kuat untuk terus berkontribusi bagi kemajuan Kota Padang di masa mendatang,” pungkasnya. (rdr)

Exit mobile version