Hidayat Motivasi Pelaku UMKM, Jaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Cawawako Padang Hidayat saat jadi narasumber dalam acara sosialisasi jaring aspirasi dan informasi masyarakat yang diselenggarakan di Hotel Mercure pada Kamis, 19 September 2024. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Calon Wakil Walikota Padang, Hidayat mengingatkan kepada para pelaku UMKM untuk gigih menjemput bola dan selalu aktif dalam menjalin hubungan dengan pelanggan.

Hal itu disampaikan Hidayat yang juga aktif dalam kegiatan beberapa koperasi di Sumatera Barat saat menjadi narasumber dalam acara sosialisasi jaring aspirasi dan informasi masyarakat yang diselenggarakan di Hotel Mercure pada Kamis, 19 September 2024.

Hidayat bilang, pelaku UMKM sebaiknya terus menghubungi kembali pelanggan yang sudah pernah membeli produk secara berkala, menawarkan produk baru, dan selalu menanyakan tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk yang telah dibeli.

“Strategi ini diyakini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan membantu pelaku UMKM mendapatkan pelanggan tetap yang akan terus membeli produk mereka,”kata Hidayat yang selama menjadi anggota DPRD Sumbar fokus membangun UMKM.

Dengan begitu kata Hidayat, usaha yang dirintis dapat bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang ketat.

Hidayat berharap, para pelaku UMKM, khususnya generasi muda, dapat lebih bersemangat dalam mengembangkan usaha mereka, serta mampu mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi dengan kerjasama dan evaluasi yang baik.

Hidayat yang juga anggota DPRD Sumatera Barat Daerah Pemilihan Kota Padang dua periode itu, menekankan pentingnya membangun kepercayaan diri serta kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain yang memiliki visi dan misi serupa.

Ia juga mengajak para peserta untuk mengumpulkan rekan-rekan yang memiliki keahlian di bidang masing-masing, seperti pemasaran, teknis, dan lain-lain. Dengan tujuan, agar usaha yang dirintis dapat berkembang lebih pesat dengan bantuan tenaga ahli dari berbagai bidang.

“Jangan takut, gandeng rekan-rekan yang memiliki visi dan misi serupa dengan kita,” tutup Hidayat. (rdr)

Exit mobile version