10 Tahun jadi Anggota DPRD, Hidayat Terbukti Nyata Dukung UMKM Kota Padang

Cawawako Padang Hidayat berkunjung ke rumah industri kerupuk milik Khusnul Fatimah di Perumahan Nuansa, Kelurahan Air Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sabtu (21/9/2024). (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Calon Wakil Wali Kota Padang pada Pilkada Padang 2024, Hidayat, menegaskan komitmennya untuk memperjuangkan keberlanjutan dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Padang.

Hal ini disampaikannya saat berkunjung ke rumah industri kerupuk milik Khusnul Fatimah, yang akrab disapa Buk Fat, di Perumahan Nuansa, Kelurahan Air Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sabtu (21/9/2024).

“UMKM memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Padang. Saat ini, sektor ini didominasi oleh masyarakat yang menjalankan usaha-usaha kecil untuk menciptakan peluang ekonomi bagi mereka sendiri,” ujarnya.

Dalam kunjungannya, Hidayat menyampaikan bahwa selama menjabat sebagai anggota DPRD, ia telah membantu memfasilitasi banyak pelaku UMKM di Kota Padang, dalam berbagai hal.

“Saya telah memfasilitasi pengurusan induk perusahaan secara gratis, sertifikasi halal, dan bantuan lainnya. Semua ini bertujuan agar UMKM di Padang bisa tumbuh dan bersaing lebih baik,” jelasnya.

Hidayat juga menyebutkan pentingnya peran pemerintah dalam mendukung UMKM melalui penyelenggaraan berbagai acara dan festival produk lokal.

Hidayat memaparkan program unggulannya, “Padang Kota Festival”, yang akan menjadi wadah bagi UMKM untuk menampilkan produk-produk mereka.

“Festival ini tidak hanya akan berfokus pada seni dan budaya, tetapi juga mencakup ekonomi kreatif seperti industri rumahan yang dibuat oleh masyarakat,” terangnya.

Menurut Hidayat, pemerintah berperan sebagai fasilitator, dengan menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan agar para pelaku usaha dapat menjalankan bisnisnya dengan lebih efektif.

“Pemerintah harus hadir untuk memberikan kemudahan, sehingga proses bisnis dapat tumbuh dan memberikan keuntungan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Hidayat juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung kemajuan UMKM di Kota Padang. Ini adalah tugas bersama, bukan hanya tugas pemerintah, tapi juga masyarakat.

“Dengan bergotong-royong, kita bisa menjadikan UMKM sebagai salah satu motor penggerak ekonomi di daerah kita,” katanya.

Lebih lanjut, Hidayat berharap program yang digagasnya dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama mereka yang berkecimpung di sektor UMKM.

“Kita optimis, jika kita bersama-sama mendorong UMKM, maka ekonomi Padang akan semakin kuat,” pungkasnya.

Khusnul Fatimah, pemilik usaha kerupuk yang dikunjungi Hidayat, menyambut baik perhatian dari calon wakil wali kota tersebut.

“Bantuan dari pemerintah sangat kami butuhkan, terutama untuk pemasaran dan pengembangan usaha,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version