Apel Besar Hari Pramuka ke-63 Kota Padang Diikuti Perwakilan Negara Malaysia

Pramuka juga wadah untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, dan berkontribusi dalam pembangunan ekonomi daerah dan nasional.

Apel besar Hari Pramuka ke-63 tingkat Kota Padang, Sabtu (21/9/2024) pagi. (Foto: Dok. Prokopim)

Apel besar Hari Pramuka ke-63 tingkat Kota Padang, Sabtu (21/9/2024) pagi. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar mengungkapkan, gerakan Pramuka telah menunjukan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda yang berkarakter, berjiwa Pancasila, dan siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut ia sampaikan saat memimpin Apel Besar Hari Pramuka ke-63 Tingkat Kota Padang, di Lapangan Upacara Balai Kota Padang Aie Pacah, Sabtu (21/9/2024) pagi.

Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-63 ini juga dihadiri tamu kehormatan rombongan Pengakap Daerah Perak Tengah Malaysia yang dipimpin Pesuruh Jaya Zahari Bin Omar, Pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat, dan ribuan anggota Pramuka se-Kota Padang.

“Gerakan Pramuka memberikan pendidikan life skill, soft skill dan hard skill, serta dilengkapi dengan kecerdasan spiritual, sosial emosional, intelektual dan fisik.”

“Pramuka juga wadah untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, dan berkontribusi dalam pembangunan ekonomi daerah dan nasional,” kata Andree yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 09 Gerakan Pramuka Kota Padang.

Kegiatan Pramuka, kata Andree, juga merupakan bagian dari upaya mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing untuk menyongsong Indonesia emas tahun 2045.

“Pramuka membentuk sumber daya yang berjiwa Pancasila, karena dididik dengan fundamental ‘value transformation’ Gerakan Pramuka yakni pengalaman Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,” katanya.

Lebih lanjut Andree berharap pada momentum Hari Pramuka ke-63, Gerakan Pramuka terus maju dan berkembang, serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program pemerintah dalam mendidik generasi muda.

“Selamat Hari Pramuka ke-63. Satu Pramuka Satu Indonesia. Jayalah Pramuka, dan Jayalah Indonesiaku,” imbuhnya.

Apel Besar Hari Pramuka ke-63 tingkat Kota Padang ini berlangsung semarak dengan diisi berbagai pertunjukan.

Di antaranya atraksi paramotor Pramuka Saka Dirgantara Lanud Sutan Syahrir, Tarian Minang Kreasi, dan penyerahan Kartu Tanda Pramuka berbasis ATM oleh Bank Mandiri serta Tarian Dabus oleh Pengakap Daerah Perak Tengah Malaysia.

Di akhir kegiatan, Pj Wako menyerahkan sejumlah tanda penghargaan kepada anggota Kwarcab 09 Gerakan Pramuka Kota Padang berupa Lencana Melati, Lencana Pancawarsa, serta Pramuka Garuda Golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. (rdr)

Exit mobile version