Antisipasi Banjir, RW 04 Kampung Baru Berok Gotong Royong Bersihkan Drainase

Warga RW 04 Kampung Baru Berok, Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang melakukan gotong royong membersihkan drainase dan lingkungan sekitarnya. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Warga RW 04 Kampung Baru Berok, Kelurahan Kurao Pagang, Kota Padang, Sumatra Barat, menunjukkan kebersamaan dengan melaksanakan kegiatan gotong royong (goro) serentak, Minggu (22/9/2024). Goro tersebut dilaksanakan oleh warga di enam RT yang ada di RW 04.

Kegiatan goro ini dilakukan dengan membersihkan saluran air atau drainase guna mengantisipasi banjir dan juga hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit.

Ketua RW 04 Kampung Baru Berok Zulkifli, sangat mengapresiasi kepedulian warganya yang melaksanakan gotong royong di tengah semakin menipisnya budaya gotong royong akhir-akhir ini.

Di tengah perkembangan zaman, Zulkifli tak menafikan jika kepedulian masyarakat terhadap lingkungan semakin berkurang.

Tapi kata Zulkifli, hal itu tak berlaku untuk warga Kampung Baru Berok. Selain menjaga tradisi budaya, kegiatan gotong royong ini juga bertujuan untuk menjaga agar kampung tetap bersih disamping upaya ini juga dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi banjir saat turun hujan.

“Semangat gotong royong yang ditunjukkan oleh seluruh warga RW 4 adalah cerminan dari nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian yang masih dimilik masyarakat kita. Dengan bergotong royong, kita tidak hanya membersihkan lingkungan, tetapi juga memperkuat ikatan sosial dan juga menjalin hubungan silaturahmi sesama warga,” tutur Zulkifli yang juga ketua komite peduli bencana (KPB) Kota Padang. (rdr)

Exit mobile version