Barongsai HBT Padang Juara Dunia Dipersembahkan untuk Pj Wali Kota, Bukti Padang Kota Toleran

Kami tidak menyangkan bahwa Tim Barongsai HBT Padang bisa mendapatkan juara satu Internasional dalam iven ini.

Tim Barongsai Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Padang berhasil menjadi juara satu dunia pada ajang Federasi Olahraga Barongsai (FOBI) World Barongsai Championship 2024. (Foto: Dok. Prokopim)

Tim Barongsai Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Padang berhasil menjadi juara satu dunia pada ajang Federasi Olahraga Barongsai (FOBI) World Barongsai Championship 2024. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Tim Barongsai Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Padang berhasil menjadi juara satu dunia pada ajang Federasi Olahraga Barongsai (FOBI) World Barongsai Championship 2024. Kemenangan ini dipersembahkan kepada Penjabat Wali Kota (Pj Wako), Andree Harmadi Algamar.

Hal tersebut mengemuka dalam acara penyambutan Tim Barongsai HBT Padang yang baru pulang usai mengikuti event ini, di Gedung HBT Padang, Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat, Senin (20/5/2024) siang.

“Kami tidak menyangkan bahwa Tim Barongsai HBT Padang bisa mendapatkan juara satu Internasional dalam iven ini. Untuk itu, kemenangan ini kami persembahkan kepada Wali Kota Padang yang baru, Andree Harmadi Algamar,” kata Sekretaris Umum HBT Pusat Sumbar-Riau, Dadang Gozali mewakili Tuako HBT Padang, Andreas Sofiandi.

Sementara itu, Pj Wali Kota Padang Andree Harmadi Algamar menilai kemenangan Tim Barongsai HBT Padang menandakan bahwa Padang merupakan kota toleransi bukan intoleransi.

Buktinya dalam permainan barongsai ini terdapat orang Tionghoa dan Melayu yang sama-sama berjuang dan bekerja sama untuk meraih juara dunia.

“Kami menyampaikan selamat kepada tim Barongsai HBT Padang. Ini sangat luar biasa, dan kami sangat terharu dengan kemenangan ini. Tentunya ini akan menjadi catatan sejarah baru, karena ada 10 negara yang kami kalahkan dalam kompetisi ini,” katanya.

Kejuaraan FOBI World Barongsai Championship 2024 diadakan di Jakarta Utara, dari tanggal 17 hingga 19 Mei 2024, yang diikuti oleh 10 negara. Di antaranya, Indonesia, Thailand, Singapura, Hongkong, Taiwan dan Australia.

Barongsai HBT berhasil menjadi juara dunia pada kategori Southern Lion Dance yang memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia. (rdr)

Exit mobile version