Sambut HLH Sedunia, BI Sumbar Ajak Masyarakat Kumpulkan Sampah lewat Spogomi

Puluhan orang dari berbagai komunitas di Padang mengikuti kegiatan Spogomi. (Foto: Dok. MC Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Puluhan orang dari berbagai komunitas di Kota Padang mengikuti kegiatan Spogomi, di Pantai Padang atau tepatnya di sekitar Masjid Al Hakim Padang, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa (22/5/2024).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat ini digelar, guna memeriahkan Kick Off Change Program Bank Indonesia, dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia.

Tampak Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat Endang Kurnia Saputra (Adang), turut bersama puluhan peserta berolahraga sambil berlomba mengumpulkan sampah di sepanjang Pantai Padang.

Adang menjelaskan, Spogomi ini merupakan gabungan antara olahraga dan kegiatan memungut sampah yang berasal dari negara Jepang.

“Ide kegiatan ini saya dapat waktu membaca majalah, dan ini menginspirasi saya untuk dilakukan di Sumbar,” ucap Adang.

Adang menambahkan, kegiatan Spogomi sendiri sudah menjadi kegiatan internasional ada kejuaran Dunia Spogomi maupun Olimpiade Spogomi, yang diikuti oleh berbagai negara besar.

Adang menurutkan, intinya kegiatan ini berlomba mengumpulkan sampah, terutama sampah non organik seperti sampah plastik, kemudian ditimbang, peserta ataupun kelompok yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak menjadi pemenang.

“Kita menyediakan berbagai hadiah menarik, dengan adanya hadiah ini tentunya diharapkan dapat menjadi penambah semangat peserta dalam mengumpulkan sampah,” tambah Adang

Adang berharap kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan di Kota Padang ini dapat menginspirasi institusi lain, termasuk perbankan dan komunitas-komunitas, untuk bergerak melakukan hal serupa, sehingga mampu menggerakkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dari sampah. (rdr/mc)

Exit mobile version