Dampingi Zulhas ke Lokasi Terdampak Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin, Hendri Septa Resmi Ditunjuk jadi Cawako Padang?

Saya telah bertemu (Zulhas), intinya dari PAN merestui saya untuk maju lagi sebagai Wali Kota Padang untuk periode kedua ini.

Menteri Perdagangan yang juga Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan mengunjungi lokasi terdampak bencana banjir bandang lahar dingin. Dalam kunjungan tersebut, Zulhas juga didampingi oleh Ketua DPD PAN Kota Padang serta Wali Kota Padang sisa masa jabatan 2019-2024, Hendri Septa. (Foto: Dok. PAN)

Menteri Perdagangan yang juga Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan mengunjungi lokasi terdampak bencana banjir bandang lahar dingin. Dalam kunjungan tersebut, Zulhas juga didampingi oleh Ketua DPD PAN Kota Padang serta Wali Kota Padang sisa masa jabatan 2019-2024, Hendri Septa. (Foto: Dok. PAN)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Wali Kota Padang sisa masa jabatan 2019-2024, Hendri Septa ikut mendampingi kunjungan Menteri Perdagangan (Mendag) yang juga Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan pada Kamis (23/5/2024) siang.

Hendri Septa mendampingi kunjungan Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan ke lokasi terdampak banjir bandang lahar dingin yang terjadi di tiga daerah Sumatera Barat (Sumbar) pada Sabtu (11/5/2024) lalu.

Dalam kunjungan itu, Zulhas juga didampingi oleh sejumlah kader dan Ketua PAN yang tersebar di 19 Kabupaten-Kota se-Sumbar.

Selain Hendri Septa, juga tampak Wali Kota Sawahlunto periode 2018-2023, Deri Asta, Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur hingga Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Novermal.

Pada kunjungan tersebut, Zulhas dan DPP PAN juga memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban terdampak banjir bandang lahar dingin.

Hendri Septa salah satu yang menjadi sorotan lantaran ia baru saja menyelesaikan tugasnya sebagai Wali Kota Padang pada Senin (13/5/2024) lalu.

Pasalnya, ia digadang-gadang telah mendapat tiket dari PAN untuk maju di periode keduanya sebagai Wali Kota Padang periode 2024-2029.

Untuk membuktikan keseriusannya, Hendri Septa juga mendaftar dan mengembalikan formulir Cawako ke Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan berharap bisa berkoalisi di Pilkada Padang dengan partai besutan Prabowo Subianto tersebut.

Hendri Septa Datuak Alam Batuah menjadi orang terakhir yang mengantarkan formulir ke DPC Partai Gerindra jelang pendaftaran ditutup pada Senin (20/5/2024) malam pukul 22.00 WIB.

Usai mengembalikan formulir pendaftaran ke DPC Partai Gerindra Kota Padang, Hendri Septa mengaku siap kembali maju menjadi Cawako untuk periode 2024-2029.

“Karena banyaknya permintaan dan desakan dari warga Kota Padang untuk saya kembali memimpin Kota Padang, maka dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya akan maju menjadi Calon Wali Kota Padang periode 2024-2029. Saya memohon doa dan restu dari ibu-bapak semua, terima kasih,” katanya dalam video testimoni yang diterima Radarsumbar.com, Selasa (21/5/2024) siang.

Sebelumnya, Hendri Septa juga sesumbar sudah mendapatkan tiket atau restu dari Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) terkait keinginannya maju menjadi Cawako Padang untuk kedua kalinya.

“Saya telah bertemu (Zulhas), intinya dari PAN merestui saya untuk maju lagi sebagai Wali Kota Padang untuk periode kedua ini,” kata Ketua DPD PAN Kota Padang tersebut.

Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, PAN hanya mendapatkan lima kursi dari enam daerah pemilihan (Dapil) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang. Jumlah tersebut turun dibanding Pemilu 2019. Pada periode tersebut, PAN meraih tujuh kursi.

Hal tersebut membuat PAN harus berkoalisi dengan partai politik lainnya. Informasi terbaru, mereka dikabarkan berkoalisi dengan Gerindra di Pilkada Padang tahun 2024.

Jika hal tersebut terealisasi, PAN memiliki sejumlah daftar nama kader yang berasal dari Partai Gerindra, sebut saja Braditi Moulevey, Hidayat hingga Desrio Putra.

Sejauh ini, hanya Braditi Moulevey yang terlihat serius maju sebagai Bacawako Padang. Bahkan, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) itu hanya mendaftar ke satu partai, yakni partai tempat ia bernaung.

Sehingga, banyak asumsi atau indikasi bahwa Braditi Moulevey akan menjadi pasangan Hendri Septa pada Pilkada Padang tahun 2024.

Bahkan pada Jumat (17/5/2024) lalu, Braditi Moulevey dan Hendri Septa secara tak sengaja bertemu di salah satu rumah makan kawasan Koto Marapak, Kecamatan Padang Barat.

Suasana ceria dan gembira terpancar saat kedua politisi dari Gerindra dan PAN itu berada di lokasi yang sama. “Kami secara tak sengaja bertemu, jadi tidak ada pembahasan untuk berpasangan. Saya kebetulan habis salat Jumat usai pulang dari Jakarta, lalu makan di sini, cuma itu saja,” kata Braditi Moulevey.

Meski demikian, Braditi Moulevey juga tidak menampik kemungkinan dirinya akan berpasangan dengan Hendri Septa di Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Padang untuk periode 2024-2029.

“Iya sejauh ini komunikasi kami dengan para calon lain juga lancar dan baik-baik saja, semua kemungkinan itu masih terbuka, apakah nanti dengan Bapak Hendri Septa, bisa saja, kemungkinan itu ada,” tuturnya.

Beberapa waktu lalu, juga tersebar surat keputusan dari DPP PAN terkait rekomendasi nama calon di Pilkada dengan menunjuk Hendri Septa maju menjadi Cawako Padang.

Surat bernomor 030/PILKADA/IV/2024 itu ditandatangani oleh Wakil Ketua Umum, Viva Yoga Mauladi dan Sekretaris Jenderal, Eddy Soeparno. (rdr)

Exit mobile version