Pertama Kali Digelar, Donor Darah Tingkat Kelurahan di Padang Besi

Uniknya, kegiatan donor darah tersebut digelar atas inisiatif dari Lurah dan masyarakat Padang Besi.

Donor darah di Lubuk Kilangan. (dok. istimewa)

Donor darah di Lubuk Kilangan. (dok. istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Puluhan masyarakat di seputar kawasan Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengikuti kegiatan donor darah.

Uniknya, kegiatan donor darah tersebut digelar atas inisiatif dari Lurah dan masyarakat Padang Besi.

Untuk merealisasikannya, pihak Kelurahan Padang Besi melaksanakan kegiatan donor darah tersebut pada Kamis (26/9/2024) dengan menggandeng Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Rumah Sakit (RS) M Djamil Padang.

“Kegiatan donor darah sejatinya sudah sering dilaksanakan oleh PMI atau instansi lainnya, namun untuk tingkat kelurahan ini, baru pertama kali digelar, khususnya di Kota Padang,” kata Lurah Padang Besi, Waluyo Yuwono.

Pria yang akrab disapa Yono itu mengaku tidak memiliki persiapan atau rencana khusus dalam pelaksanaan donor darah dengan melibatkan warga.

“Ide ini muncul ketika saya sedang bersantai-santai dengan para tokoh masyarakat Padang Besi ini. Di saat itu, tercetus ide untuk melaksanakan donor darah ini, karena sepemahaman saya, untuk tingkat kelurahan rasanya belum pernah dilaksanakan,” katanya.

Dirinya mengaku bangga dan menaruh rasa hormatnya kepada warga yang ternyata menyambut inisiatif kegiatan donor darah tersebut.

“Karena darah merupakan kebutuhan kita semua, saya fikir rasa kemanusiaan masyarakat itu dibuktikan salah satunya dengan menyumbangkan darah mereka kepada saudara yang membutuhkan,” katanya.

Dalam kegiatan donor darah tersebut, sejumlah calon pendonor terpaksa harus mengurungkan niatnya lantaran tidak memenuhi persyaratan, seperti masalah pada hemoglobin (HB) hingga hipertensi.

“Sedikitnya terkumpul antara 30 hingga 40 kantong darah. Karena ini kegiatan perdana kami, kami berencana memasukkan ke dalam agenda rutin ke depannya, tergantung seperti apa nanti polanya,” tutur Yono. (rdr)

 

Exit mobile version