Padang Bergoro, 1 Rumah Warga Diharapkan Sedia 1 Bak Kompos

Pj Wako Padang mengikuti Padang Bagoro. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Padang bersama warga kembali melakukan kegiatan Padang Bergoro, di pekan terakhir bulan September tahun 2024.

Kegiatan yang digelar satu kali dalam sebulan ini, bertujuan untuk menggerakkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, minimal di halaman rumah sendiri.

Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar mengatakan, pelaksanaan Padang Bergoro September ini mengusung edisi ‘1 Rumah 1 Bak Kompos’.

“Kami berharap seluruh warga Kota Padang terus menggelorakan semangat bergotong-royong di lingkungan masing-masing. Mengoptimalkan pengelolaan sampah dimulai dari skala rumah tangga. Salah satunya dengan mengupayakan 1 rumah 1 bak kompos,” katanya saat meninjau pelaksanaan Padang Bagoro di Komplek Jala Utama IV, RT 03 RW 10, Kelurahan Koto Baru Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Minggu (29/9/2024) pagi.

Andree menjelaskan, 1 rumah 1 bak kompos dilakukan guna mengurangi timbulan sampah yang diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Ia pun meminta setiap warga dapat menyediakan atau membuat bak kompos sederhana dan mengolah sampah rumah tangga menjadi kompos.

“Kami berharap gerakan 1 rumah 1 bak kompos ini menjadi life style (gaya hidup) masyarakat. Sehingga setiap masyarakat dapat memilah sampah organik dan anorganik yang dihasilkan dari sampah rumah tangga. Untuk sampah organik dapat dimasukkan ke dalam bak kompos, yang nantinya bisa digunakan sebagai pupuk tanaman,” katanya.

“Kami berharap upaya ini menjadikan Kota Padang sebagai kota yang bersih, asri dan lebih sehat. Selain itu menjadi solusi yang tepat dalam mengurangi timbulan sampah Kota Padang yang per harinya lebih dari 600 ton,” pungkasnya. (rdr)

Exit mobile version