Lansia di Padang Gratis Naik Trans Padang Selama Sepekan, Cukup Tunjukkan KTP

Kami gratiskan sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada kaum lanjut usia.

Bus Trans Padang. (Foto: Dok. Radarsumbar.com)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Padang memberlakukan tarif gratis bagi kaum lanjut usia (lansia) yang hendak bepergian menggunakan moda transportasi massal Trans Padang.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar kepada Radarsumbar.com via pesan singkat.

“Kami gratiskan sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada kaum lanjut usia, juga sebagai rangkaian dari peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 tahun 2024 tingkat nasional. Pada tahun ini Kota Padang bertindak sebagai tuan rumah,” katanya, Jumat (31/5/2024) siang.

Andree mengatakan, bagi kaum lansia yang hendak bepergian menggunakan Trans Padang, tidak perlu membayar menggunakan Brizzi atau layanan berbayar online seperti Qris.

“Tarif gratis naik Trans Padang untuk kaum lansia mulai berlaku hari ini pukul 14.00 WIB. Mereka cukup memperlihatkan identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada petugas yang ada di bus tersebut,” katanya.

Pemko, katanya, sudah berniat melakukan beberapa program sebagai bentuk kepedulian terhadap para lansia di Kota Padang.

Di berbagai negara, peran lansia masih sangat vital. Contohnya, Amerika Serikat saat ini dipimpin oleh Presiden yang berusia 91 tahun.

Selain itu, Mahathir Mohammad yang dalam usia tuanya kembali dipercaya sebagai Perdana Menteri Malaysia.

“Ini membuktikan lansia itu hanya sekadar angka, tapi untuk perannya bagi negara tetap dibutuhkan,” katanya.

Selain itu, Pemko Padang juga memberikan bantuan usaha ekonomi non-produktif serta makanan kepada 11 orang kaum lansia.

Masing-masing lansia menerima bantuan senilai Rp6.072.000. Sementara bantuan makanan diberikan kepada 110 lansia di mana per orang menerima Rp489.500. (rdr)

Exit mobile version