Upaya Pemko Padang Cegah Kebakaran Berulang di Pasar Raya

Sudah ada dua bencana kebakaran dalam waktu berdekatan di kompleks Pasar Raya Padang.

Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar. (Foto: Dok. Prokopim)

Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Padang menindaklanjuti serius peristiwa kebakaran di kompleks Pasar Raya Padang.

Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar bahkan sampai mengumpulkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait guna menyiapkan langkah antisipatif, agar peristiwa kebakaran tidak berulang.

“Sudah ada dua bencana kebakaran dalam waktu berdekatan di kompleks Pasar Raya Padang. Ini tidak bisa dibiarkan karena pemulihan pasca kebakaran Pasar Raya ini bisa sangat lama,” katanya, Jumat (31/5/2024) siang.

Terdapat beberapa poin penting yang akan segera ditindaklanjuti dalam rapat yang langsung dipimpin oleh Pj Wako Padang tersebut.

Yakni, sosialisasi dan pemeriksaan alat pemadam api ringan (APAR) di kawasan pertokoan Pasar Raya yang dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang.

Selanjutnya, Dinas Perdagangan (Disdag) bersama PLN juga akan melakukan inspeksi instalasi listrik di kompleks Pasar Raya, serta menyediakan tandon-tandon air.

“Para Camat melakukan pemetaan potensi bencana kebakaran dan titik-titik air terdekat yang bisa dimanfaatkan jika terjadi kebakaran,” katanya.

Saat ini, Pemko Padang tengah menyiapkan Satgas Khusus yang bertujuan untuk mengkoordinir seluruh petugas agar lebih optimal dalam pencegahan, dan penanganan kebakaran di pasar.

“Kami akan menyusun SOP-nya, sehingga mulai dari Disdag Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar, Dinas Perhubungan (Dishub), PLN, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Damkar, semuanya terlibat secara masif. Kami juga minta jajaran Kepala UPT Pasar untuk mensosialisasikan kepada pedagang terkait penyediaan APAR,” imbuhnya. (rdr)

Exit mobile version