Anggota Partai Koalisi Indonesia Maju Ini Ingin Bersatu di Pilkada Padang

Kami ingin semua parpol di KIM ini bergabung dan berkoalisi (di Pilkada Padang).

Sekretaris DPD PAN Kota Padang, Muhammad Rayhan. (Foto: Dok. Radarsumbar.com)

Sekretaris DPD PAN Kota Padang, Muhammad Rayhan. (Foto: Dok. Radarsumbar.com)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Padang, Muhammad Rayhan mengatakan, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan seluruh partai politik (parpol) dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Meskipun demikian, kata Rayhan, dirinya tidak menampik bahwa partai berlambang matahari tersebut ingin Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang telah berjalan selama ini di tingkat pusat bisa menurun hingga ke tingkat daerah, khususnya Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

“Mudah-mudahan, kami ingin KIM sampai ke bawah, komunikasi kami dengan semua partai itu baik, terbaru kami dengan PPP, PKB, dengan Gerindra pun kami sangat harmonis, mudah-mudahan dalam waktu ke depan akan diketahuilah bagaimana koalisi ini,” katanya kepada Radarsumbar.com, Selasa (18/6/2024) sore.

“Kami ingin semua parpol di KIM ini bergabung dan berkoalisi (di Pilkada Padang),” sambungnya.

Terkait siapa sosok yang diusung pada Pilkada Kota Padang tahun 2024, katanya, DPD PAN Kota Padang sudah menerima rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk Hendri Septa.

“Apapun keputusan DPP kami selalu siap dan hari ini rekomendasi itu (jatuh) kepada Hendri Septa (Wali Kota Padang periode 2021-2024),” katanya.

Sebelumnya, Hendri Septa juga mengaku sudah mendapatkan tiket atau restu dari Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) terkait keinginannya maju menjadi Cawako Padang untuk kedua kalinya.

“Saya telah bertemu (Zulhas), intinya dari PAN merestui saya untuk maju lagi sebagai Wali Kota Padang untuk periode kedua ini,” katanya.

Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, PAN hanya mendapatkan lima kursi dari enam daerah pemilihan (Dapil) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang. Jumlah tersebut turun dibanding Pemilu 2019. Pada periode tersebut, PAN meraih tujuh kursi.

Kondisi tersebut membuat PAN harus berkoalisi dengan parpol lainnya. Informasi terbaru, mereka dikabarkan berkoalisi dengan Gerindra di Pilkada Kota Padang tahun 2024.

Jika hal tersebut terealisasi, PAN memiliki sejumlah daftar nama kader yang berasal dari Partai Gerindra, sebut saja Braditi Moulevey, Hidayat, Syafrial Kani hingga Desrio Putra.

Sejauh ini, hanya Braditi Moulevey yang terlihat serius maju sebagai Bacawako Padang. Bahkan, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu hanya mendaftar ke satu partai, yakni partai tempat ia bernaung.

Sehingga, banyak asumsi atau indikasi bahwa Braditi Moulevey akan menjadi pasangan Hendri Septa pada Pilkada Padang tahun 2024. (rdr)

Exit mobile version