MTQ Tingkat Kecamatan di Padang Momen Generasi Muda Kembali ke Surau

Sehingga tercipta generasi muda yang Qurani, serta terhindar dari kenakalan remaja dan hal negatif lainnya.

Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar. (Foto: Dok. Prokopim)

Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar mengatakan, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang digelar setiap kecamatan di Ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tersebut semakin menguatkan daerah tersebut sebagai kawasan Qurani.

Hal tersebut ia sampaikan dalam kegiatan Pembukaan MTQ Nasional ke-41 tingkat Kecamatan Nanggalo berlangsung khidmat dan semarak di Halaman Kantor Kecamatan Nanggalo, Jumat (21/6/2024) pagi. Pembukaan MTQ tingkat kecamatan Nanggalo diawali pawai ta’aruf yang diikuti ribuan peserta.

“Pelaksanaan MTQ ini sangat penting dengan tujuan utamanya melahirkan qari dan qariah terbaik di Kota Padang. Qari-qariah terbaik in shaa Allah akan dipilih mewakili kecamatannya untuk mengikuti perlombaan MTQ di tingkat kota. Bahkan bisa saja mewakili Kota Padang ataupun Sumbar di ajang MTQ tingkat nasional tahun ini,” katanya.

Selain itu, katanya, pelaksanaan MTQ juga momentum untuk memotivasi masyarakat khususnya generasi muda di Kota Padang membumikan Alquran dengan membaca, menghafal dan mengamalkan Al-Qur’an di tengah kehidupan sehari-hari.

“Kami ingin generasi muda Kota Padang kembali ke Surau. Sehingga tercipta generasi muda yang Qurani, serta terhindar dari kenakalan remaja dan hal negatif lainnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ ke-41 Kecamatan Nanggalo, Nasrul Alex Bagindo Rajo mengatakan, kegiatan itu diikuti sebanyak 124 kafilah perwakilan dari enam kelurahan se-Kecamatan Nanggalo.

“Tema yang diusung yakni ‘Mewujudkan Masyarakat Cinta Alquran untuk Nanggalo Nan Tacilak’ dan berlangsung selama dua hari dari Jumat hingga Sabtu (21-22/6/2024) dengan mempertandingkan beberapa cabang lomba,” katanya.

Kategori lomba, di antaranya Tilawah Tingkat TK, Anak-anak, Remaja dan Dewasa, Hifzil Quran, Tartil Tingkatan Dasar, Menengah dan Umum serta MSQ, Fahmil Quran dan Khutbah Jumat.

“Untuk penutupan dan pengumuman pemenang kami gelar Sabtu (22/6/2024) malam di lokasi mimbar utama ini,” imbuhnya. (rdr)

Exit mobile version