Dispar Padang Terus Tingkatkan Pelayanan dan Keamanan Wisatawan

Semoga dengan pelatihan ini, Kota Padang dapat menjadi destinasi wisata yang aman dan nyaman bagi para wisatawan.

Pelatihan pemandu keselamatan wisata tirta. (Foto: Dok. Dispar Padang)

Pelatihan pemandu keselamatan wisata tirta. (Foto: Dok. Dispar Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Pariwisata (Dispar) terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan keamanan bagi para wisatawan.

Salah satu upayanya dengan menggelar Pelatihan Pemandu Keselamatan Wisata Tirta yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dispar Kota Padang, Yudi Indra Syani, Rabu (26/6/2024) siang.

Yudi Indra Syani mengatakan, pemandu keselamatan wisata tirta memiliki peran penting sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan para wisatawan.

“Mereka adalah pahlawan-pahlawan tanpa tanda jasa yang selalu siaga memberikan pertolongan dan perlindungan kepada para wisatawan yang membutuhkan,” katanya.

Pelatihan ini, katanya, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi para pemandu keselamatan wisata tirta agar dapat memenuhi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Pemandu Keselamatan Wisata Tirta.

“Sasaran yang ingin dicapai dari pelatihan ini adalah para peserta mampu mengetahui dan memahami pengelolaan dan penanganan pencegahan kecelakaan, serta cara melakukan pertolongan pada saat terjadi kecelakaan,” kata eks Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Padang itu.

Peserta pelatihan ini, katanya, berjumlah 40 orang yang merupakan anggota Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) pada daya tarik wisata dan belum pernah mengikuti pelatihan sejenis.

“Saya berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan penuh semangat dan kesungguhan. Gunakan kesempatan ini untuk mempelajari ilmu dan pengetahuan sebanyak-banyaknya, serta tingkatkan kemampuan dan keterampilan kalian dalam memberikan pelayanan dan penyelamatan kepada para wisatawan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Diko Riva Utama mengatakan, pelatihan Pemandu Keselamatan Wisata Tirta ini diharapkan dapat menghasilkan pemandu-pemandu keselamatan wisata tirta yang handal dan profesional, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan keamanan bagi para wisatawan di Kota Padang.

“Semoga dengan pelatihan ini, Kota Padang dapat menjadi destinasi wisata yang aman dan nyaman bagi para wisatawan,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Promosi Wisata Dispar Kota Padang tersebut. (rdr)

Exit mobile version