43 Anggota Pramuka Ikuti Penguatan Kapasitas Kwarda Pramuka Sumbar

PADANG, RADARSUMBAR.COM –
Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat mengadakan kegiatan Penguatan Kapasitas Pramuka Peduli pada 25-28 November 2021. Kegiatan ini diikuti 43 peserta pramuka.

Ketua Pelaksana Seno Sendanu, menjelaskan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas kwartir cabang dalam memenej Pramuka Peduli agar tetap aktif di daerah masing-masing.

Selama 4 hari, kegiatan tersebut diisi dengan berbagai materi. Salah satunya disampaikan oleh Ketua IJTI Sumbar Jhon Nedi Kambang. Ia menyampaikan materi soal kebencanaan.

“Kegiatan ini bertujuan agar Pramuka Peduli memahami prinsip-prinsip dasar dalam pengurangan risiko bencana dan siap mendukung di lini terdepan dalam edukasi kesiapsiagaan bencana maupun dalam situasi darurat bencana,” ujar dia.

Peserta juga dibekali bagaimana menghadapi kebakaran mulai dari materi sampai praktik yang disampaikan pemateri dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang.

Peserta sangat antusias mengikuti setiap materi dan siap memperkuat Pramuka Peduli di Kwarcab masing-masing.

Sekretaris Kwarda 03 Sumatera Barat Amrel Amir berharap dengan adanya penguatan kapasitas Pramuka Peduli ini dapat terealisasikan ke seluruh Kwarcab se-Sumatera Barat sehingga terjalin koordinasi antara Kwarda dan Kwarcab saat terjadi bencana. (rdr-007)

Exit mobile version