Seandainya Hendri Septa Meninggal Dunia, Bagaimana dengan Wali Kota Padang Selanjutnya?

Isa Kurniawan, jurnalis senior.

Perkara umur siapa yang tahu. Itu rahasia Allah. Jumat (10/12/2021) kemarin, tiba-tiba kita dikejutkan dengan berita meninggalnya secara mendadak Wali Kota Bandung Oded M Danial atau kerap disapa Mang Oded. Innalillahi wainna ilaihi rajiun.

Oleh: Isa Kurniawan – Jurnalis Senior dan Warga Padang

Dalam pikiran saya, seandainya hal ini terjadi pada Hendri Septa —yang saat ini sama dengan almarhum Mang Oded, menjabat walikota, maka bagaimana dengan posisi Walikota Padang selanjutnya?

Sebagaimana diketahui, posisi Wakil Walikota Padang sudah hampir 8 bulan lebih (dibiarkan?) kosong. Yakni, ketika Wakil Walikota Hendri Septa, dilantik menjadi Walikota Padang defenitif pada tanggal 7 April 2021, menggantikan Mahyeldi yang terpilih menjadi Gubernur Sumbar.

Itu fatsunnya, itu mainnya, dimana ketika seorang walikota “berhalangan tetap”, maka yang naik adalah wakil walikota-nya. Yang jadi pertanyaannya, bagaimana kalau Walikota Padang Hendri Septa meninggal dunia, sementara wakil walikota tidak ada karena tidak kunjung di-isi?

Tentunya kita tidak berharap begitu, tetapi perkara umur siapa tahu, seperti yang terjadi pada Walikota Bandung Mang Oded. Banyak pertanyaan bergelayut di benak masyarakat Padang, apa sih yang menjadi kendala sehingganya pengisian jabatan Wakil Walikota Padang itu sampai berlarut-larut?

Seakan-akan terlalu berat sekali masalahnya. Seakan-akan masalahnya tidak urgen. Tidak penting. Bagi saya yang awam, tanggung jawab pengisian kursi Wakil Walikota Padang itu tetap berada pada Wali Kota Padang Hendri Septa, karena juga sebagai Ketua PAN Padang, yang menjadi pengusung pasangan Mahyeldi-Hendri Septa, bersama dengan PKS.

Kalau tidak ingin dicap sebagai pemimpin yang egois, dan mengkebiri hak masyarakat Padang untuk memiliki wakil walikota, sudah selayaknya untuk kepentingan pembangunan Kota Padang yang lebih luas, Hendri Septa menyegerakan pengisian jabatan wakil walikota tersebut.

Di samping bisa saling melengkapi, kerja Hendri Septa pun sebagai walikota bebannya bisa berkurang —daripada seorang diri, karena sudah berbagi tugas dengan wakil walikota tadi, sesuai dengan tupoksinya. (**)

Exit mobile version