Strategi Komunikasi Pemko terhadap Minat Masyarakat dalam Menggunakan Bus Trans Padang

Kehadiran angkutan umum memiliki peranan yang begitu besar bagi masyarakat memberikan kemudahan akses transportasi manusia menjadi suatu hal yang sangat penting bagi masyarakat saat ini.

Bus Trans Padang. (Foto: Dok. Radarsumbar.com)

Angkutan umum adalah salah satu alat transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat dalam melakukan aktifitas keseharian, karena pada dasarnya tidak semua masyarakat memiliki kendaraan pribadi.

Anggi Wiko Pangestu – Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UNES

Oleh karenanya itu, dengan kehadiran angkutan umum memiliki peranan yang begitu besar bagi masyarakat memberikan kemudahan akses transportasi manusia menjadi suatu hal yang sangat penting bagi masyarakat saat ini, guna untuk memperlancar aktifitas serta berfungsi sebagai penopang keberlangsungan perkembangan ekonomi masyarakat.

Berbagai upaya pemerintah dalam menata moda transportasi terus dilakukan hal ini menjadi fokus dalam pembangunan di Kota Padang,Sumatera Barat. Pada dasarnya masalah yang sering terjadi diperkotaan adalah penataan kota, mulai dengan pemukiman, tata ruang perkotaan, masyarakat yang miskin dan transportasi.

Begitu pun dengan Kota Padang yang mempunyai berbagai masalah. Termasuk masalah transportasi mulai dari jalur yang dilewati angkutan umum, ugal-ugalan transportasi dan mesin yang tidak layak digunakan lagi.

Suatu kondisi kota yang indah dan damai jika sebuah permasalahan bisa diatasi dengan baik. Dengan adanya ketertiban transportasi maka jalan akan indah dan tata ruang kotapun terlihat rapi. Maka diperlukan pembangunan transportasi publik yang memadai, salah satunya sarana transportasi publik yakni Bus Trans Padang.

Bus Trans Padang merupakan layanan angkutan massal Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Padang yang telah beroperasi sejak tanggal 14 Januari 2014. Dikeluarkannya Bus Trans Padang ini bertujuan untuk mengatasi beberapa permasalahan transportasi dan meningkatkan pelayanan mobilitas masyarakat secara massal dan meningkatkan kenyamanan dalam bertransportasi.

Menyikapi kondisi demikian, pemerintahan kota Padang kemudian membuka rute Koridor V Trans Padang dengan rute RTH Imam Bonjol menuju Indarung yang telah di resmikan pada Jumat, 8 Juli 2022. Hal Ini dilakukan agar warga merasa nyaman saat menuju Indarung maupun sebaliknya.

Tidak saja kenyamanan, penumpang Trans Padang juga tak perlu repot merogoh kantong saat membayar ongkos. Penumpang hanya menggunakan e-money melalui Kartu Brizzi, yang nantinya bisa dibeli di berbagai agen BRILINK yang sudah disediakan di sepanjang jalur Koridor V.

Hal ini menunjukkan fasilitas yang paling berbeda dengan angkot konvensional adalah sistem pembayaran dengan menggunakan uang elektronik (cashless) yaitu menggunakan e-money.

Tentunya dengan kehadirnya armada yang baru saat ini memberikan rasa pengalaman yang berbeda dengan sudah dilengkapi dengan teknologi yang modern seperti bus tracking, driver monitoring system, passenger counting sensor, automatic doors dan hampir dikatakan sama dengan bus standard negara maju lainnya.

Dengan menggunakan Teori Pemprosesan informasi, menggambarkan tentang strategi komunikasi Pemko Padang dalam meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan Bus Trans Padang sebagai alat transportasi.

Hal ini sejalan dengan teori pemrosesan informasi McGuire yang menyebutkan bahwa perubahan sikap seseorang dipengaruhi oleh beberapa tahap yaitu pesan persuasif harus dikomunikasikan, penerima akan memperhatikan pesan, penerima akan memahami pesan, penerima terpengaruh dan yakin dengan argument-argumen yang disajikan, tercapai proses adaptasi baru, dan terjadi perilaku yang diiginkan.

Tujuan komunikasi pada dasarnya jika dilihat dari berbagai aspek, tidak lain untuk memberikan informasi, mengajak dan merubah sikap khalayak agar sesuai dengan tujuan yang kita inginkan.

Sejalan dengan tujuan dari pemerintahan kota padang mengenai Bus Trans Padang, masyarakat Kota Padang dan sekitarnya diharapkan dapat menggunakannya sebagai transportasi sehari-hari.

Tahap-tahap ini sangat penting dalam strategi komunikasi, dimana pesan yang disampaikan oleh komunikator bisa sampai kepada komunikan dan tercapainya sebuah hasil atau tujuan yang kita inginkan.

Dalam hal strategi komunikasi pesan-pesan yang disampaikan oleh pemerintahan kota padang kepada masyarakat bersifat persuasif atau mengajak masyarakat untuk menggunakan Bus Trans Padang sebagai alat transportasi.

Metode dan media yang digunakan oleh Pemerintahan Kota Padang sangatlah bagus salah satunya dengan menggunakan metode sosialisas langsung untuk berinteraski kepada para penumpang bus di halte mapun dengan cara menyebarluaskan informasi menggunakan media cetak seperti koran.

Mewujudkan Bus Trans Padang sebagai alat transportasi yang aman dan nyaman merupakan suatu aktivitas yang harus dilakukan dengan ketekunan dan harus selalu didukung oleh masyarakat.

Sehingga dapat tercapai tujuan yang diinginkan khususnya dibidang transportasi angkutan umum, masyarakat pun diharapkan dapat beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum Bus Trans Padang yang telah disediakan oleh pemerintah. (**)

Exit mobile version