Beri Kemudahan, Warga Apresiasi Layanan SIM Keliling Polresta Padang

Layanan SIM keliling Polresta Padang saat berada di kawasan Lubuk Minturun. (IST)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Satlantas Polresta Padang terus berupaya mendekatkan diri ke masyarakat melalui pelayanan SIM keliling. Uniknya, layanan SIM keliling ini menyasar kawasan pinggir Kota Padang.

Masyarakat yang jauh dari kantor Polresta Padang yang ada di pusat kota, bisa memanfaatkan bus yang disulap sebagai lokasi untuk pengurusan perpanjangan SIM. Di dalam bus tersebut dilengkapi peralatan yang dibutuhkan untuk pengurusan pelayanan SIM.

Salah satunya pelayanan SIM keliling yang dipantau radarsumbar.com di simpang Lubuk Minturun, Kamis (28/7/2022). Ada yang menarik, dimana petugas kepolisian yang melayani masyarakat terlihat menggunakan Saluak yakni penutup kepala yang biasa digunakan oleh lelaki Minang.

Di bagian lain, pemohon perpanjangan SIM tampak silih berganti berdatangan memasuki bus yang disulap seperti tempat pelayanan SIM.

Rusnia (45) warga Sungai Bangek, mengaku, mengetahui informasi adanya pelayanan SIM keliling dari pemberitaan media massa, dan online. Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya pelayanan SIM keliling tersebut.

“Saya tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke pusat kota. Ke sini (Lubuk Minturun, red) hanya beberapa kilo saja dari rumah saya,” terangnya.

Dedi (36) warga Lubuk Minturun juga mengaku terbantu dengan adanya pelayanan SIM keliling ini. “Tidak susah-susah lagi saya ke kota. Di sini (bus SIM keliling) saya bisa perpanjang SIM saya yang sudah habis masa berlakunya. Prosesnya juga cepat,” tuturnya.

Kanit Regident Satlantas Polresta Padang Ipda Zarwiko Irzal menjelaskan, armada SIM keliling ini sengaja dibuat untuk memudahkan masyarakat pinggiran mendapatkan pelayanan perpanjangan SIM A dan SIM C dengan mudah tanpa harus langsung ke kantor Polresta Padang di pusat kota.

“Setiap harinya SIM keling Satlantas Polresta Padang berkeliling ke pinggiran kota. Cukup di sini saja (SIM keliling, red), masyarakat bisa langsung memperpanjang masa berlaku SIM yang telah habis,” terangnya.

Ia menyebut, setiap harinya, bus SIM keliling ini melayani 40-45 pemohon perpanjangan SIM. (rdr-007)

Exit mobile version