Wisuda 1.210 Mahasiswa, Rektor Unand Sampaikan Tiga Hal Ini

Para lulusan bisa memilih sejumlah rencana, seperti melanjutkan studi kembali bagi yang punya kesempatan dan niat.

Rektor Universitas Andalas, Prof Yuliandri. (Foto: Istimewa)

Rektor Universitas Andalas, Prof Yuliandri. (Foto: Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sebanyak 1.210 mahasiswa Universitas Andalas (Unand) melaksanakan prosesi Wisuda VI tahun 2022, Sabtu (14/1/2023).

Rinciannya, program Diploma Tiga (D3) sebanyak lima orang, Sarjana 805 orang, Profesi 160 orang, Magister 194 orang, Spesialis 27 orang dan Doktor 19 orang.

Rektor Unand, Yuliandri mengatakan, pihaknya memberikan tiga target dan hak yang disampaikan kepada para wisudawan tersebut. Target itu nantinya akan menjadi pendemo bagi para wisudawan ini.

“Pertama, dengan bekal ilmu yang mereka peroleh selama menempuh jenjang pendidikan, apalagi di waktu terakhir ada sedikit perubahan di dalam kami menyelenggarakan proses pendidikan, mereka diminta dan juga punya hak, tidak hanya studi di dalam, tapi juga mengikuti perkembangan,” katanya.

Dengan bekal tersebut, katanya, para lulusan bisa memilih sejumlah rencana, seperti melanjutkan studi kembali bagi yang punya kesempatan dan niat.

“Jadi, bagi lulusan Unand kami akan fasilitasi pilihan prodi apa, misalnya dari sarjana menjadi magister atau dari diploma menjadi sarjana, itu kami tampung,” ucapnya.

Kemudian, sambung pria dengan latar belakang Ilmu Hukum tersebut, para lulusan Unand bisa berkompetisi dengan berbagai lulusan perguruan tinggi lain, ketika mereka mendapat kesempatan yang sama untuk ikut di dalam berbagai peluang kerja yang mereka dapat.

“Apalagi hari ini kalau boleh saya katakan, semua lembaga apapun juga, baik pemerintah atau swasta biasanya akan merekrut, walaupun tantangan hari ini berbeda dengan yang lama, sekarang ada penakar-penakar substansi lain yang harus dilakukan,” ungkapnya.

Bekal yang telah diperoleh mahasiswa selama jenjang pendidikan di Unand ini, kata Yuliandri, bisa menjadi modal. Selain itu, saat ini marak fenomena setiap lulusan, sebelum mereka lulus, mereka sudah membuka lapangan kerja sendiri.

“Banyak start up yang mereka ciptakan, dan tentu ini saya yakin dan percaya, mereka yang wisuda tentu akan menjadi keyakinan baru, mereka akan buka kembali kesempatan kerja, bahkan menciptakan lapangan pekerjaan,” katanya.

Saat ini, katanya, Unand sudah berkomunikasi dengan berbagai lembaga, termasuk juga lembaga keuangan. Mereka siap untuk mendukung ketika ada mahasiswa atau lulusan yang membuka lapangan kerja sendiri, mereka siap backup.

“Dengan upaya dan ikhtiar yang mereka miliki, saya yakin dan percaya, mereka punya potensi dan bisa meraih hal tersebut,” tutupnya. (rdr-008)

Exit mobile version