Korban Terdampak Puting Beliung di Lubuk Kilangan Terima Bantuan

Demi meringankan penderitaan mereka, sejumlah warga terdampak menerima bantuan kebutuhan bahan pokok (bapok) dari Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

Pemberian bantuan sembako kepada korban terdampak angin puting beliung di Lubuk Kilangan pada Jumat (27/1/2023) siang. (Foto: Radarsumbar.com / Dok. Dinsos Padang)

Pemberian bantuan sembako kepada korban terdampak angin puting beliung di Lubuk Kilangan pada Jumat (27/1/2023) siang. (Foto: Radarsumbar.com / Dok. Dinsos Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sejumlah korban terdampak angin puting beliung yang terjadi pada Jumat (27/1/2023) harus diungsikan dan menginap di rumah sanak famili untuk sementara waktu.

Pasalnya, atap rumah mereka beterbangan karena tidak kuat menahan laju angin yang cukup kencang. Demi meringankan penderitaan mereka, sejumlah warga terdampak menerima bantuan kebutuhan bahan pokok (bapok) dari Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

“Masing-masing Kepala Keluarga (KK) diberikan beras, mie siap saji, minyak goreng, sarden, saus, gula, kopi dan roti,” kata Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos Kota Padang, Devi Susanti Razif kepada radarsumbar.com dalam keterangan tertulis.

Sebagaimana diketahui, hujan deras dan angin kencang yang terjadi pada Jumat (27/1/2023) pagi membuat sejumlah atap warga beterbangan di kawasan Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Endrizal mengatakan, atap rumah warga tersebut lepas karena tak kuat menahan laju angin.

“Memang pada pagi hingga siang, hujan cukup deras dengan kecepatan angin yang kencang, itu yang membuat atap rumah warga itu pada lepas,” kata Endrizal.

Meski tidak ada korban jiwa, katanya, kerugian materil dalam kejadian tersebut mencapai belasan juta rupiah.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi bencana lainnya,” ujarnya.

Data terbaru dari Pusat Kendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Kota Padang, terdapat tujuh KK menjadi korban terdampak angin puting beliung di Lubuk Kilangan. (rdr-008)

Exit mobile version