Bersihkan Sampah di Sungai Batang Arau, Yonmarhanlan Padang Kerahkan Personel TNI

Kita menurunkan sejumlah personel untuk membantu dan mendukung program Pemko Padang, guna menciptakan kawasan sungai yang bersih

Prajurit marinir menggunakan perahu karet menyisiri Sungai Batang Arau yang dipenuhi sampah. (Foto: radarsumbar.com/Dok. Diskominfo Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sejumlah prajurit TNI AL dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) II Padang, diterjunkan membantu kegiatan Padang Bagoro di Kelurahan Batang Arau Kecamatan Padang Selatan, Minggu (29/01/2023).

Mereka nampak berbaur dengan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang, membersihkan sampah dan rerumputan di sepanjang bantaran sungai Batang Arau.

Selain itu, sebagian prajurit lainnya mengendarai perahu karet khas Marinir, nampak menyusuri sungai untuk membersihkan sungai dari sampah, maupun tumpukan ranting yang menghambat aliran air.

Danyonmarhanlan II Padang Letkol (Mar) Dadang Widiyanto yang diwakili Lettu mar Ronny VP mengatakan, para prajurit TNI AL, khususnya Yonmarhanlan II Padang, selalu siap bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemko Padang.

“Hari ini berdasarkan perintah Danyon, kita menurunkan sejumlah personel untuk membantu dan mendukung program Pemko Padang, guna menciptakan kawasan sungai yang bersih,” kata Lettu Ronny.

Ia menegaskan, sesuai arahan Danyon, marinir hadir di kota Padang guna bersinergi dan berkolaborasi dengan segenap lapisan, serta siap bahu membahu bersama masyarakat.

Diturunkannya personel dalam kegiatan gotong-royong kali ini menurut Ronny adalah, selain membersihkan kawasan sungai, juga mengantisipasi dampak cuaca seperti banjir.

“Sampah tentunya dapat mengakibatkan tersumbatnya saluran air, jika hujan tentu jika saluran air tersebut dapat menyebabkan banjir,” tambah Ronny.

“Setiap saat, kapan pun masyarakat Kota Padang membutuhkan, marinir siap 24 jam, baik personel maupun perlengkapan yang dibutuhkan,” tegas Lettu Ronny. (rdr)

Exit mobile version