Seekor Paus Muncul di Perairan Padang, Sempat Terjerat Jaring Nelayan

Paus tersebut telah mengitari kawasan pantai karena diduga terjerat jaring ikan sejak Kamis (2/2/2023).

Paus muncul di Pantai kawasan Pasia Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang pada Sabtu (4/2/2023) pagi. (Dok. Istimewa)

Paus muncul di Pantai kawasan Pasia Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang pada Sabtu (4/2/2023) pagi. (Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Seekor paus sempat dilaporkan terdampar di perairan kawasan Pasia Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Petugas Bagian Respons Cepat Mamalia Terdampar, Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, Maldi mengatakan, paus tersebut telah mengitari kawasan pantai karena diduga terjerat jaring ikan sejak Kamis (2/2/2023).

“Informasi dari teman-teman di lapangan begitu, itu sudah kami, saya baru tahu kalau paus itu sudah lepas informasi terakhirnya,” kata Maldi kepada Radarsumbar.com via seluler, Sabtu (4/2/2023).

Maldi mengatakan, saat ini petugas BPSPL dan instansi gabungan sudah berada di sekitar paus tersebut muncul. “(Tim BPSPL dan gabungan) sudah ada di lokasi,” ucapnya.

Sementara itu, Komandan Search Rescue Unit (Dansru) Kantor SAR Padang, Yudi Riva mengatakan bahwa paus tersebut telah lepas dari jerat jaring tersebut.

Hasil pengamatan, katanya, paus tersebut mengalami luka pada sirip bagian atas karena diduga berupaya membebaskan diri dari jaring.

“Sepertinya sudah lepas (dari jaring), namun kami masih bersiaga di sini untuk monitoring (pergerakan paus),” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version