Tahanan Lansia di Rutan Padang Dapat Program Kesehatan Gratis, Ini Bentuknya

Dengan adanya program ini diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan lansia

Pengecekan kesehatan tahanan lansia di Rutan Padang. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Padang memberikan program kesehatan gratis kepada para narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) lanjut usia (lansia).

Kepala Rutan Padang, Muhammad Mehdi mengatakan, kegiatan dalam bentuk Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) lansia tersebut bertujuan meningkatkan derajat kesehatan WBP yang berusia 60 tahun ke atas.

“Selain itu juga membentuk kader kesehatan sebagai perpanjangan tangan petugas kesehatan dalam mempromosikan informasi kesehatan dan meningkatkan kesehatan tahanan, narapidana atau anak di Rutan Padang secara umum,” kata Mehdi, Kamis (9/2/2023).

Kegiatan Posyandu lansia tersebut digelar sekali sebulan. Selain itu, kader kesehatan juga dilatih selama satu minggu pada bulan Februari 2023 sesuai dengan petunjuk dan edaran dari Direktorar Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Dengan adanya program ini diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan lansia sehingga diharapkan ketika selesai menjalani pidana para lansia dapat kembali kepada keluarga dalam keadaan sehat,” katanya.

Ia juga berpesan kepada kader kesehatan yang ditunjuk untuk bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, memberikan dan menyampaikan informasi kesehatan secara jujur dan tepat sehingga tujuan terbentuknya kader kesehatan dapat tercapai.

Pelaksanaan Posyandu lansia yang dimulai dari penyuluhan kesehatan mengenai Hipertensi, pendataan lansia, pengukuran berat badan, tekanan darah dan gula darah sewaktu, wawancara kesehatan, edukasi dan pengobatan jika diperlukan.

Selain itu, mereka juga diberikan tambahan makanan tambahan bagi yang telah selesai menjalani rangkaian kegiatan posyandu lansia tersebut. (rdr-008)

Exit mobile version