Basarnas Padang Latih 22 Anggota Evakuasi dari Ketinggian

Latihan ini juga diikuti oleh Anak Buah Kapal (ABK) KN SAR Yudhistira 227

Latihan evakuasi ketinggian oleh Rescuer Kantor SAR Padang dan ABK KN SAR Yudhistira 227. (Foto: Dok. Basarnas)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kantor SAR Padang melatih 22 anggotanya melakukan evakuasi terhadap korban terdampak bencana dari ketinggian.

Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik mengatakan, latihan tersebut telah digelar selama tiga hari dari Rabu hingga Jumat (8-10/3/2023).

“Latihan ini juga diikuti oleh Anak Buah Kapal (ABK) KN SAR Yudhistira 227. Kami melaksanakan latihan di Kantor SAR Padang dan Lubukminturun,” kata Abdul, Jumat (10/3/2023).

Abdul mengatakan, latihan tersebut dilakukan untuk mengukur atau mengasah kemampuan rescue dalam menghadapi situasi operasi SAR dari ketinggian.

“Bahan latihan yang digunakan di antaranya lowering and lifting, packing patient, highline downward evacuation yang digunakan untuk menolong korban yang terjebak di tengah sungai,” ungkapnya.

Ia mengatakan, dalam latihan tersebut pihaknya melibatkan 22 personel. Sebelumnya, Kantor SAR Padang juga melibatkan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang dalam latihan operasi kebencanaan di ketinggian.

“Saya berharap para rescuer ini mengimplementasikan ilmu yang di dapat bisa berguna di saat operasi SAR di ketinggian,” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version