Keberadaan Trans Padang Dipersoalkan Sopir Angkot, Dishub: Sudah Lama Direncanakan

Subsidi untuk (Trans Padang) koridor 6 itu masih besar, dengan perhitungan pada saat itu jumlah penumpangnya sedikit

Perwakilan sopir angkot mendatangi DPRD Padang mengadukan nasib terkait keberadaan Trans Padang. (Foto: Dok. Muhammad Aidil)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Padang, Yudi Indra Syani mengatakan, keberadaan Trans Padang sudah lama direncanakan.

Hal tersebut disampaikan Yudi saat rapat dengar pendapat dengan perwakilan sopir angkot dan anggota DPRD Kota Padang, Senin (13/3/2023) siang.

“Trans Padang sudah ada rencana, tidak ada penambahan armada, dengan perhitungan 1 banding 3, ini peremajaan angkot,” kata Yudi.

Ia mengatakan, pemerintah telah mempertimbangkan Trans Padang sebagai upaya pemerintah menciptakan moda transportasi massal yang nyaman untuk masyarakat.

“Subsidi untuk (Trans Padang) koridor 6 itu masih besar, dengan perhitungan pada saat itu jumlah penumpangnya sedikit,” katanya.

Terkait tuntutan sopir angkot yang komplain terkait keberadaan halte, Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub Kota Padang, Jovi Satrios mengatakan, posisi halte sudah sesuai dengan standar jarak.

“Memang tidak ada aturannya. Posisi halte sesuai standar jarak, jika jarak halte jauh dengan penumpang, ini justru merugikan penumpang. Pelayanan yang kami berikan itu sudah terbaik,” katanya.

Perwakilan sopir yang tak berkenan disebutkan namanya mengatakan, seharusnya pemerintah memikirkan dampak kepada sopir angkot yang tidak masuk ke dalam peremajaan.

“Jangan seperti ini, seharusnya 1 Trans Padang untuk 5 angkot, bukan 3 angkot, kami yang tak dapat ini, dapat apa? Kemudian persoalan halte, di mana tempat strategis, di sana diambil, berakibat kepada setoran kami,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani meminta perwakilan sopir angkot melayangkan surat tuntutan dan pihaknya segera menindaklanjuti laporan tersebut.

“Yang menjadi tuntutan sopir angkot, kami dan polisi akan segera cek ke lapangan untuk mencek jumlah halte,” ujarnya. (rdr-008)

Exit mobile version