Napi Rutan Padang Dapat Penyuluhan soal Skabies, Ini Tujuannya

Hal penting yang disampaikan juga adalah mengenai kebersihan karena selain bisa mencegah penularan penyakit kulit

Cek kesehatan terhadap narapidana dan masyarakat sekitar Rutan Padang. (Foto: Dok. Rutan Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Padang mendapatkan penyuluhan skabies atau penularan penyakit kulit.

Kepala Rutan Padang, Muhammad Mehdi mengatakan, tema skabies dipilih bertujuan agar kejadian penularan penyakit kulit terutama skabies dapat dihentikan.

“Hal penting yang disampaikan juga adalah mengenai kebersihan karena selain bisa mencegah penularan penyakit kulit tapi juga dapat mencegah penyakit lainnya,” kata Mehdi, Selasa (14/3/2023).

Tujuan lainnya, kata Mehdi, pendataan atau skrining awal kesehatan terhadap WBP dilakukan untuk tindak lanjut jika ada WBP yang memiliki keluhan kesehatan.

Selain itu, penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan juga dilakukan kepada pengunjung dan masyarakat sekitar yang dilaksanakan di ruang tunggu kunjungan dan halaman depan Rutan Padang.

Tema penyuluhan yang diberikan adalah mengenai diabetes mellitus atau yang awam disebut penyakit gula karena termasuk silent disease yang menimbulkan akibat fatal.

“Pemeriksaan yang diberikan kepada masyarakat secara gratis adalah pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan gula darah. Langkah ini dilakukan dalam rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 tahun 2023,” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version