Tradisi Balimau di Padang Diguyur Hujan, Pengunjung Bubar

Hujan mulai melanda kawasan Bandar Buat hingga Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Pasar Baru hingga Batu Busuk, Kecamatan Pauh dan sebagian kawasan Kuranji.

Ilustrasi hujan deras

Ilustrasi hujan deras

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Tradisi Balimau atau bersuci menjelang masuknya bulan suci Ramadan 1444 Hijriah diwarnai hujan di sebagian kawasan Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (22/3/2023) sore.

Informasi yang diterima dan dihimpun Radarsumbar.com di lapangan, hujan mulai melanda kawasan Bandar Buat hingga Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Pasar Baru hingga Batu Busuk, Kecamatan Pauh dan sebagian kawasan Kuranji.

Akibatnya, masyarakat yang hendak Balimau di kawasan tersebut terpaksa membubarkan diri dan kembali ke kediamannya masing-masing.

“Hujan deras, kami terpaksa pulang ke rumah,” kata salah seorang pengunjung di Batu Busuk, Ardi (44) kepada Radarsumbar.com.

Nama Balimau sendiri diambil dari jeruk atau wewangian yang dijadikan bahan untuk membersihkan diri ketika hendak mandi sebelum masuk bulan puasa.

Nama ini sendiri diambil dari jeruk atau wewangian yang dijadikan bahan untuk membersihkan diri ketika hendak mandi sebelum masuk bulan puasa. (rdr-008)

Exit mobile version