Menparekraf: Wakaf Punya Potensi Besar Topang Ekonomi Indonesia

Ini tentu memiliki value yang besar dan harusnya dapat dikembangkan sehingga tanah wakaf menjadi produktif

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat Launching Yayasan Wakaf Yarsi Sumbar (ANTARA/Mario SN)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengatakan wakaf memiliki potensi besar membangkitkan ekonomi terutama pada saat ini masih terdampak pandemi COVID-19.

“Indonesia merupakan salah satu negara yang gemar berbagi atau berdonasi baik dengan motivasi agama, sosial dan lainnya,” kata dia saat Grand Launching Lembaga Wakaf Yarsi Sumbar di Padang, Sabtu.

Menurut dia hal ini tentu menjadi sebuah keutamaan dan potensi besar yang dapat dikembangkan untuk dikembangkan dalam mensejahterakan masyarakat.

Ia mengatakan wakaf memiliki potensi besar dalam menopang ekonomi bangsa dan saat ini 10 persen hingga 20 persen tanah wakaf yang ada berada di posisi strategis dan super strategis.

“Ini tentu memiliki value yang besar dan harusnya dapat dikembangkan sehingga tanah wakaf menjadi produktif serta membuka lapangan pekerjaan dan berdampak secara ekonomi kepada masyarakat,” kata dia.

Ia mengatakan wakaf bisa bergerak di bidang industri halal dan kreatif, mengembangkan pariwisata halal, percepatan dan penguatan mata rantai industri mikro dan kecil.

“Bisa juga bergerak di bidang pendidikan dan kesehatan serta sosial kemanusiaan,” kata dia

Ia mengajak seluruh pihak agar selalu melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi dalam menjalankan program yang telah dibuat dan semangat gerak cepat, gerak bersama dan menggarap semua. potensi yang ada.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengapresiasi Yarsi Sumbar yang mendirikan Lembaga Wakaf Yarsi Sumbar. Menurut dia pembangunan di Sumbar di samping didukung dana dari pusat, peran perantau juga besar.

“Ikatan perantau dengan kampung halaman masih sangat kuat dan adanya badan wakaf ini agar mereka berkontribusi kepada daerah,” kata dia.

Ketua Umum Yarsi Sumbar Prof Masrul berharap kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatid memberikan semangat karena pembangunan ini kelanjutan ide dari pejuang bangsa yakni Dr M Natsir

“Kita generasi keempat melanjutkan semangat beliau agar lembaga ini bertahan hingga akhir zaman. Kita berharap jaringan pak menteri yang bisa memperkuat dan membantu kami,” kata dia. (rdr/ant)

Exit mobile version