Uji Kemampuan Menghadapi Api, Damkar Lanud Sut Padang Gelar Simulasi Penanggulangan Kebakaran

Sampai dimana kesiapan dan kesigapannya menyiapkan personel beserta peralatannya terhadap kemungkinan adanya bahaya kebakaran sekitarnya

Petugas damkar Lanud Sutan Sjahrir Padang melaksanakan latihan simulasi penanggulangan kebakaran lahan. (Foto: Dok. Infopublik)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pemadam Kebakaran (PK) Base Ops Disops Lanud Sut melaksanakan latihan simulasi penanggulangan kebakaran Lahan yang diikuti seluruh personel PK. Simulasi tersebut dilaksanakan di ujung runway 34, Lanud Sutan Sjahrir, Kota Padang.

Simulasi tersebut merupakan salah satu program kerja Disopslat Lanud Sut untuk menyiapkan, pembinaan dan pengoperasian seluruh satuan di jajarannya.

Dengan dilaksanakannya simulasi tersebut, Disopslat Lanud Sut mempunyai sasaran untuk pembinaan satuan dalam kemampuan standar di bidang pengetahuan dan keterampilan penanggulangan kebakaran.

Komandan Lanud Kolonel Nav Saeful Rakhmat diwakili Kepal Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Sut Mayor Lek Bambang Brades mengatakan, latihan ini bertujuan untuk menguji dan memelihara kemampuan personel PK/Crash Team Lanud Sut diaplikasikan dalam menghadapi api.

“Sampai dimana kesiapan dan kesigapannya menyiapkan personel beserta peralatannya terhadap kemungkinan adanya bahaya kebakaran sekitarnya,” ujarnya, Minggu (2/4/2023) dikutip dari infopublik.id.

Ia menambahkan latihan ini juga digunakan untuk meningkatkan koordinasi serta kerja sama antar personel dan instansi terkait.

Kadisops berharapannya latihan ini bisa terlaksana dengan baik, sesuai operasi latihan, dimana tingkat koordinasi tanggap, cepat dan akuratnya tindakan pertolongan tim kesehatan dalam menyelamatkan pertolongan kepada para korban.

Selain itu, diharapkan personel Satpomau dan Intelpam Lanud Sut melaksanakan pengamanan sterilisasi serta mengisolasi lokasi untuk tindakan lebih lanjut. (rdr)

Exit mobile version