Kendaraan Parkir di Pinggir Jalan, Basko Grand Mall Macet Parah

Jumlah kendaraan masuk ke Kota Padang sudah banyak. Apalagi, libur Nasional jadi tak bisa dipungkiri lagi. Namun, personilnya sudah disiagakan di lokasi.

Personel Satlantas Polresta Padang mengatur lalu lintas di depan Basko Grand Mall. (Dok. Radarsumbar.com)

Personel Satlantas Polresta Padang mengatur lalu lintas di depan Basko Grand Mall. (Dok. Radarsumbar.com)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Libur Nasional pada Jumat (7/4/2023) siang hingga sore, pusat-pusat perbelanjaan ramai diserbu pengunjung. Tak pelak, sejumlah ruas jalan di kawasan pusat perbelanjaan tersebut mengalami macet parah.

Pantauan Radarsumbar.com, Jumat sore (7/4/2023), terlihat di kawasan pusat perbelanjaan seperti Pasar Raya, Sentral Pasar Raya di Jalan Muhammad Yamin.

Kemudian, Plaza Andalas di Jalan Pemuda, Basko Grand Mall di Jalan Hamka dan Transmart di Jalan Khatib Sumaiman, kendaraan bergerak merayap akibat ramainya aktifitas menuju pusat perbelanjaan tersebut.

Terlihat personel Satlantas Polresta Padang silih berganti mengatur kemacetan di Jalan Hamka, dimana ratusan kendaraan roda empat melaju dalam kecepatan rendah di jalanan tersebut.

“Jarak tempuh dari kawasan depan Basko sampai depan DPRD Sumbar sangat lambat pak, banyaknya kendaraan yang parkir di depan Basko Grand Mall menambah macet, jalan menjadi sempit,” kata Irwan (35), salah seorang pengendara.

Rusli (46), warga Lubeg menjelaskan, di pusat perbelanjaan memang macet parah meski sudah menggunakan sepeda motor. Rata-rata, kendaraan yang membuat macet ini adalah kendaraan yang masuk ke mall dan parkir di pinggir jalan.

“Saya mengendarai sepeda motor lambat, macet di Plaza Andalas, Basko Grand Mal eh juga macet. Tapi, tadi di depan Trans Mart aman, tidak macet, masih lancar lalu lintasnya,” ungkap Rusli.

Sementara, Kasat Lantas Polresta Padang AKP Alfin dihubungi oleh Radarsumbar.com mengatakan, memang jumlah kendaraan masuk ke Kota Padang sudah banyak. Apalagi, libur Nasional jadi tak bisa dipungkiri lagi. Namun, personilnya sudah disiagakan di lokasi.

“Kita sudah ada tim pengurangan kemacetan, jika terjadi macet, tim tersebut langsung ke TKP seperti yang di Basko Grand Mall. Lima polisi dari Unit BM langsung diturunkan untuk mengurai kemacetan,” ujarnya.

Pihaknya juga memasang water barrier yang terbuat dari plastik yang ditempatkan di sepanjang Basko Grand Mall dan Plaza Andalas. “Disitu kita pasang supaya tidak adanya parkir di depan, pokoknya anggota kami siap mengurai kemacetan di Kota Padang ini,” ungkapnya. (rdr-007)

Exit mobile version