Tak Ikuti Keputusan Pusat, Wako Padang Diam-diam Sudah Berlebaran Duluan

Pak Wali Kota Lebaran hari ini, ini saya mau ke kediaman beliau mau silaturahmi Idul Fitri

Ilustrasi Lebaran. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Meski pemerintah pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Sabtu (22/4/2023), tidak semua kepala daerah mengikutinya.

Salah satu kepala daerah yang diam-diam telah berlebaran pada Jumat (21/4/2023) adalah Wali Kota Padang, Hendri Septa.

“Pak Wali Kota Lebaran hari ini, ini saya mau ke kediaman beliau mau silaturahmi Idul Fitri,” ucap salah satu orang dekat Hendri Septa yang tak berkenan disebutkan namanya kepada Radarsumbar.com via seluler.

Belakangan diketahui, Hendri Septa lebih memilih mengikuti jadwal Lebaran yang telah ditetapkan oleh organisasi keagamaan Muhammadiyah.

Meski telah berlebaran, Hendri Septa melalui jajarannya tetap membuka tempat atau lokasi kepada masyarakat yang hendak melaksanakan Salat Id sesuai dengan keputusan pemerintah pada Sabtu (22/4/2023).

Kepala Bagian Kesejahteraan (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Padang, Fuji Astomi mengatakan, Salat Id digelar oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang di lapangan Balaikota, Airpacah, Kecamatan Kototangah. “Imam dan khatib pada Salat Id berbeda,” kata Tomi.

Jika tak ada aral melintang Imam Salat Id di Lapangan Balaikota Padang adalah Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang, Edi Oktaviandy.

Sementara Khatib atau Penceramah dalam Salat Id Idul Fitri 1444 Hijriah, Pemko Padang menggandeng Ketua Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumatera Barat (Sumbar), Prof Duski Samad. (rdr-008)

Exit mobile version