Layanan Perahu Hias Gratis di Festival Muaro Padang Dikerubungi Wisatawan

Jadi perahu ini bisa dinikmati oleh masyarakat secara gratis selama helatan Festival Muaro Padang

Masyarakat menikmati perahu hias dalam Festival Muaro Padang. (Foto: Dok. Muhammad Aidil)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Perahu hias dikerubungi masyarakat yang datang dalam Festival Muaro Padang yang dipusatkan di kawasan Batang Arau, Senin (24/4/2023) sore.

Puluhan masyarakat silih berganti datang menikmati perahu hias yang diberikan secara gratis oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

“Ada empat kapal yang disiapkan oleh Pemko Padang, dua di bawah Dinas Kelautan dan Pangan (DKP), dua lagi dari Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Padang,” kata Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Siti Nurbaya, Roni kepada Radarsumbar.com.

Pantauan Radarsumbar.com di kawasan Batang Arau, terlihat puluhan masyarakat silih berganti menjajal perahu yang mengitari sebagian kawasan Batang Arau.

“Jadi perahu ini bisa dinikmati oleh masyarakat secara gratis selama helatan Festival Muaro Padang,” kata Roni.

Sebanyak tujuh iven bakal memeriahkan Festival Muaro. Iven ini diperkirakan dipadati masyarakat karena dalam masa libur Lebaran.

Adapun tujuh iven tersebut yakni Festival Muaro Padang, Jemur Bonsai, Pekan Ekonomi Kreatif, Padang Fashion Carnaval, Festival Marandang, Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo hingga Festival Selaju Sampan.

Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan Pemko Padang menggelar iven tersebut dalam rangka menyambut kedatangan wisatawan dan para perantau yang merayakan momen Hari Raya Idul Fitri di Kota Padang.

Sebanyak 2 juta perantau dan wisatawan diprediksi berkunjung ke Kota Padang. Dengan perputaran uang ditaksir mencapai triliunan rupiah.

Tak hanya itu, para pengusaha kecil juga akan kecipratan berkah dalam iven ini.

“Dua tahun belakangan, perekonomian kita babak belur akibat pandemi Covid-19. Nah, seiring berjalannya waktu dan melandainya Covid-19.”

“Kami ingin membangkitkan kembali perekonomian warga. Salah satunya memanfaatkan momen Idul Fitri,” kata Wako Hendri Septa beberapa waktu lalu

Wako berharap dengan digelarnya berbagai iven tersebut perekonomian masyarakat dapat kembali bangkit seiring meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kota Padang.

“Kami berharap, Festival Muaro Padang ini dapat berjalan baik dan lancar nantinya. Untuk itu kepada semua pihak, stakeholder, pelaku industri pariwisata, penggiat pariwisata dan lainnya dapat mendukung demi kesuksesan iven ini,” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version