Gempa Menghoyak Selasa Dini Hari, Sekda Padang: Kita Tunggu Perkembangan Terkini

Dalam satu hingga dua jam ke depan, kami masih menunggu informasi dan perkembangan situasi terkini.

Sekda Padang Andree Algamar. (Dok. Radarsumbar.com)

Sekda Padang Andree Algamar. (Dok. Radarsumbar.com)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Andree Harmadi Algamar angkat bicara pasca gempa magnitudo yang mengguncang kawasan Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa (25/4/2023) dini hari.

Saat ditemui Radarsumbar.com di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang, Andree mengatakan pihaknya masih menunggu informasi dan perkembangan situasi terbaru pasca gempa tersebut.

“Dalam satu hingga dua jam ke depan, kami masih menunggu informasi dan perkembangan situasi terkini,” kata Sekda Padang.

Pasca gempa yang terjadi pada Selasa (25/4/2023) dini hari itu membuat sejumlah masyarakat mengevakuasikan diri ke tempat yang lebih aman.

“Saya mengevakuasikan diri dahulu saja, belum tahu ke mana, yang penting evakuasi dahulu, biarlah berjalan kaki,” kata salah seorang warga Jati, Herman kepada Radarsumbar.com.

Pantauan Radarsumbar.com, gempa membuat arus lalu lintas menjadi ramai ke arah Timur Kota Padang, tepatnya di kawasan Andalas dan Marapalam.

Data yang berhasil dihimpun sementara, BMKG mengeluarkan peringatan dini skala-1 dan menyebut magnitudo gempa 7,3.

Lokasi gempa berada di 0,93 Lintang Selatan dan Garis Bujur 98,39 Bujur Timur dengan kedalaman 84 kilometer.

Tepatnya, 177 kilometer Barat Laut Kepulauan Mentawai, 178 kilometer Tenggara Nias Selatan, 180 kilometer Barat Laut Tua Pejat, 247 kilometer Barat Kota Padang.

Jangan Panik
Kapolsek Padang Barat Kompol Gusdi mengimbau untuk warga yang berada di wilayahnya jangan panik terhadap isu air laut naik. Dia menyebut, hingga saat ini situasi di Pantai Padang masih aman terkendali.

“Kami melaporkan dari Pos Pengamanan Operasi Ketupat, Pos Pantai Cimpago kami pantau air laut masih normal, tidak ada yang surut. Untuk warga jangan termakan isu,” tegasnya.

Anggotanya masih berjaga di kawasan Pantai Padang untuk melaporkan terus situasi terkini soal gempa yang terjadi di Mentawai tersebut, sementara untuk warga Padang Barat diminta jangan panik.

“Memang kami mendapat informasi banyaknya warga yang mengungsi di gedung-gedung seperti di Gubernuran dan gedung Polda Sumbar. Tapi, sekali lagi kami ingatkan jangan panik.”

“Yang jelas, kami melaporkan dari Pantai Padang, dimana pos kami berjarak dari Pantai Padang hanya 50 Meter. Pantai Padang masih aman terkendali, tidak ada yang surut,” ujarnya. (rdr-008/rdr-007)

Exit mobile version