4 Mahasiswa UIA-Sudan asal Sumbar Tiba di Padang

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sebanyak empat orang mahasiswa asal Sumatera Barat sudah sampai di Padang dengan selamat pada Minggu (30/4/2023) siang.

Evakuasi mahasiswa Universitas Internasional Afrika-Sudan berlangsung cepat berkat koordinasi pemerintah Provinsi Sumbar dengan berbagai pihak.

Demikian disampaikan Ketua Tim Fasilitasi Timur Tengah, Mulyadi Muslim melalui pesan WhatsApp yang diterima Radarsumbar.com, Minggu (30/4/2023)

Mulyadi menyebut, gelombang kedua evakuasi mahasiswa asal Sumbar direncanakan akan terbang dari Bandara Soekarno Hatta menuju BIM pada Selasa (2/5/2023) sebanyak 10 orang mahasiswa.

Kepala Biro Kesra Pemprov Sumbar, Al Amin yang secara resmi menyambut kedatangan mahasiswa tersebut menyampaikan, bahwa Pemprov Sumbar sangat peduli dengan warganya, baik yang di kampung ataupun di rantau dan luar negri.

“Ketika kita mendapat informasi resmi tentang kondisi Sudan yang semakin mencekam dan membahayakan keselamatan jiwa. Rencana evakuasi dari pamerintah pusat langsung kita respons melalui koordinasi dengan berbagai pihak dan terutama Baznas,” terangnya.

Hasil koordinasi yang baik ini kata Al Amin akhirnya membuahkan hasil. “Mahasiswa kita bisa langsung ke Padang dari Jakarta bertemu segera dengan keluarga di kampung. Sehingga kekhawatiran keluarga bisa terobati,” tuturnya.

Ia berharap konflik Sudan segera berakhir sehingga mahasiswa asal Sumbar yang rata-rata sudah semester tujuh bisa segera kembali ke Sudah dan berkuliah secara normal.

“Untuk sementara waktu, silakan istirahat dan recovery psikis dengan keluarga,” kata Al Amin. (rdr)

Exit mobile version