Lurah Pegambiran Ini Sukses jadi yang Terbaik di Padang, Ternyata Ini yang Dilakukannya

Ada lima inovasi (adaptasi program Wako) yang kami terapkan sejak bertugas di sini pada Desember 2021 lalu

Lurah Pegambiran Ampalu Nan XX, Syafri Nora. (Foto: Dok. Muhammad Aidil)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Lurah Pegambiran Ampalu Nan XX, Syafri Nora disebut-sebut menjadi Lurah terbaik tingkat Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Hal tersebut terungkap di saat pemaparan sejumlah program di Kantor Lurah Pegambiran Ampalu Nan XX, kawasan Pegambiran, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang.

Usut punya usut, perempuan bertubuh mungil ini sukses mengejawantahkan sejumlah program yang digagas oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa.

“Ada lima inovasi (adaptasi program Wako) yang kami terapkan sejak bertugas di sini pada Desember 2021 lalu,” kata Nora saat ditemui Radarsumbar.com, Jumat (5/5/2023) pagi.

Lima program itu, kata Nora, yakni, program Bersih dari Narkoba (Bersinar). Dia tidak menampik, persoalan narkoba menjadi salah satu tugas besar yang ia hadapi tatkala memimpin kelurahan dengan jumlah penduduk terbanyak di Kecamatan Lubuk Begalung tersebut.

Kemudian, Rabu Berseri. Rabu Berseri, katanya, merupakan akronim dari Rabu Bersedekah pada Pagi Hari.

Sedekah tersebut, kata Nora, diterima pihaknya dari masing masing RT dan disalurkan ke warga yang membutuhkan.

“Kegiatan ini dilakukan pada minggu pertama dan minggu ketiga untuk survei dan penyaluran sedekah pada pekan kedua dan keempat,” katanya.

Kemudian, kegiatan Sumargo. Sumargo merupakan singkatan dari Sunday Mari Bergotong-royong. “Itu kami laksanakan pada pekan pertama dan ketiga,” katanya.

Selanjutnya, kata perempuan berkacamata itu, Kelurahan Pegambiran Ampalu Nan XX juga membangun sebuah pustaka mini.

“Pustaka mini ini terinspirasi dari ramainya masyarakat yang mengurus administrasi dan dokumen kependudukan. Agar mereka tidak jengah dan di tengah keterbatasan personel kami, maka kami bangunlah (pustaka mini) itu,” katanya.

Dalam waktu dekat, kata Nora, pihaknya akan meluncurkan program Bersila atau Beternak Ikan Nila.

Ia berharap, pembangunan infrastruktur dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Pegambiran Ampalu Nan XX bisa lebih ditingkatkan dan mumpuni.

“Kelurahan ini memiliki jumlah penduduk 26.048 jiwa dengan 80 RT dan 20 RW,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Lubuk Begalung, Fauzil Mahfuz menyebut nilai plus dari Kelurahan Pegambiran Ampalu Nan XX adalah koordinasi dan komunikasi lintas stakeholder yang berjalan bagus.

Selain itu, katanya, kelurahan tersebut mampu menterjemahkan dan mengeksekusi program dan arahan yang diberikan oleh Camat Lubuk Begalung dan Wali Kota Padang.

“Setiap pekannya selalu kami kumpulkan untuk rapat evaluasi. Jika ada persoalan di lapangan, maka dicarikan solusinya bersama-sama dan terjun ke lapangan bersama-sama juga,” katanya.

Semua kegiatan dan program yang sudah direncanakan oleh kecamatan, katanya, juga selalu diarahkan dan berupaya untuk memotivasi agar semua lurah berinovasi di masing masing kelurahan nya untuk melakukan.

“Yang kami inginkan adalah mereka meningkatkan pelayanan di masing masing kelurahan,” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version