Sekda Padang Lepas 14 Calon Paskibraka Terpilih Ke Provinsi Sumbar

Kita berharap 14 calon paskibraka yang terdiri dari 8 putra dan 6 putri mampu memberikan terbaik di provinsi hingga nantinya mampu mencapai nasional.

Sekda Padang melepas anggota Paskibraka ke Jakarta. (Dok. Diskominfotik Padang)

Sekda Padang melepas anggota Paskibraka ke Jakarta. (Dok. Diskominfotik Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar melepas 14 calon Paskibraka utusan Kota Padang ke Provinsi Sumatera Barat, Selasa, (8/5/2023). Dalam sambutannya, ia menyampaikan serangkaian seleksi calon paskibraka sebelumnya.

“Selamat kami ucapkan kepada calon paskibraka yang sudah terpilih setelah melalui serangkaian seleksi. Kita berharap 14 calon paskibraka yang terdiri dari 8 putra dan 6 putri mampu memberikan terbaik di provinsi hingga nantinya mampu mencapai nasional,” katanya di Rumah Dinas Wali Kota Padang.

Andree yang juga didampingi Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Setdako Padang Tarmizi menuturkan bahwa Pemerintah Kota Padang melalui kantor Kesbangpol Kota Padang telah melaksanakan seleksi calon Kota Padang tahun 2023 yang dilaksanakan pada 13- 17 Maret 2023.

Penyelenggaraan seleksi calon dilaksanakan dengan menggunakan sistem aplikasi transparansi Paskibraka yang disiapkan oleh Badan Pembinaan Ideiologi Pancasila atau (BPIP) Republik Indonesia.

“Dalam pelaksanaan seleksi tersebut dari 477 orang pelajar yang mendaftar, telah didapat hasil sebanyak 68 orang pelajar yang berhasil mendapat nilai tertinggi, dengan rincian 48 orang putra dan dua orang putri,” tuturnya.

Setelah seleksi tingkat kota tahap selanjutnya adalah seleksi tingkat provinsi. Sesuai kuota yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar, maka Kota Padang akan mengirim utusan sebanyak 14 orang calon.

Selanjutnya, untuk mempersiapkan 14 orang calon utusan kota Padang tersebut, Kesbangpol Kota Padang bersama dengan purna Paskibraka Kota Padang telah memberikan pembekalan.

“Pembekalan tersebut berupa pelatihan fisik atau jasmani, latihan PBB, mengembangkan bakat dan prestasi, serta peningkatan pengetahuan Pancasila dan wawasan kebangsaan. Ini dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari 27 April hingga 6 Mei 2023,” sebutnya.

Terakhir ia berpesan kepada calon terpilih agar terus menjaga stamina dan kesehatan. Menjaga olahraga, pola makan, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan hanya karena permasalahan kesehatan nantinya. (rdr/MC Padang)

Exit mobile version