Pangsa Pasar Produk Halal Indonesia Capai 11,34 Persen, Ini Sebarannya

Seminar Alumni UPM dalam Pengembangan Produk Halal untuk Kemandirian Bangsa. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pangsa pasar produk halal di Indonesia terbilang sangat besar dan pada tahun 2025 mendatang diprediksi nilainya menembus USD281 miliar.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Alumni Universiti Putra Malaysia (UPM) Chapter Indonesia, Prof Imas Sukaesih Sitanggang saat seminar hybrid bertajuk Peran Alumni UPM dalam Pengembangan Produk Halal untuk Kemandirian Bangsa.

“Konsumsi produk halal di Indonesia mencapai 11,34 persen dari keseluruhan pengeluaran global Indonesia, yang mana bukan hanya konsumsi makanan, tapi juga barang hingga layanan halal, salah satunya industri tourism,” katanya beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, saat ini banyak sekali intervensi dari makanan-makanan global yang sangat mengganggu identitas dan kedaulatan dari produk-produk pangan di setiap negara.

“Di Indonesia sendiri, produk-produk tersebut dekat dengan identitas keislaman yaitu adanya standar halal,” katanya.

Ia menuturkan, pangsa pasar produk halal di Indonesia terbilang sangat besar dan pada tahun 2025, nilainya ditaksir mencapai USD281.

“Ini merupakan potensi dan langkah tepat sebagai usaha mempertahankan kekuatan dan kedaulatan pangan tersebut,” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version