Jelang Tahun Ajaran Baru, Pembuatan KTP Pemula Meningkat

Setiap hari rata-rata terdapat 100-150 warga yang datang ke Disdukcapil Kota Padang untuk mengurus pembuatan KTP Pemula.

Perekaman data e-KTP. (Dok. Istimewa)

Perekaman data e-KTP. (Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Menjelang masuknya tahun ajaran baru 2023, pembuatan KTP bagi pemula (usia 17 tahun) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang mengalami peningkatan.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Disdukcapil Kota Padang Teddy Antonius, saat memantau aktivitas pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan jajarannya, Senin (22/5/2023).

Menurut Teddy, setiap hari rata-rata terdapat 100-150 warga yang datang ke Disdukcapil Kota Padang untuk mengurus pembuatan KTP Pemula.

“Kebanyakan warga yang membuat KTP adalah mereka yang baru tamat SLTA untuk mengurus masuk perguruan tinggi, masuk TNI/Polri, ataupun untuk melamar pekerjaan,” jelas Teddy.

Peningkatan tersebut lanjut Teddy, jauh hari sudah diperkirakan. Untuk itu pihak Disdukcapil Kota Padang telah terlebih dahulu melakukan tindakan antisipasi dengan melakukan program perekaman data dan pembuatan KTP Pemula, dengan mendatangi sekolah-sekolah.

“Sejak pertengahan tahun 2022, kita sudah lakukan upaya jemput bola, kita datangi sekolah (SLTA/sederajat), bagi yang berusia 17 tahun, langsung kita lakukan perekaman data,” tambah Teddy.

Selanjutnya, Disdukcapil menerbitkan KTP Elektronik bagi para siswa tersebut, yang diserahkan langsung oleh Walikota Padang Hendri Septa, pada pelaksanaa upacara bendera.

“Penerbitan KTP memegang menjadi salah satu target kita, sehingga seluruh warga Kota Padang memiliki KTP sebagai kelengkapan identitas wajib,” kata Teddy.

Selain itu, melalui penertiban KTP Pemula, sekaligus memastikan warga tersebut terdaftar dan memiliki hak pilih pada Pilkada serentak tahun 2024 nanti. (rdr/MC Padang)

Exit mobile version