HKTI Sumbar Ikuti Penanaman Bambu Serentak Nasional Peringati HUT ke-50

Alhamdulilah, HKTI Sumbar bisa mengikuti kegiatan yang diinisiasi pengurus DPN HKTI di pusat

HKTI Sumbar bersama Pemuda Tani HKTI dan Ikatan Mahasiswa Pencinta Alam (IMPALA) Fakultas Tekologi Pertanian Unand menanam bambu serentak memeriahkan 50 tahun HKTI. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM –DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sumatra Barat (Sumbar) menggelar penanaman pohon produktif di Bukit Padayo, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Kamis (1/6). Penanaman ini digelar serentak dengan 10 HKTI Provinsi se-Indonesia dan dipimpin langsung Ketua Umum DPN HKTI Fadli Zon.

Ketua HKTI Sumbar Feri Arlius didampingi Sekretaris Yusrizal Chandra dan Bendahara Romi Agusta serta pengurus HKTI Kota Padang Joni Rusjan melakukan penanaman bambu betung di tebing-tebing Perkebunan Padayo Agro. Bambu betung sengaja dipilih HKTI karena keunggulannya. Proses penanaman ini dilakukan serentak secara online melalui aplikasi Zoom.

Ketum HKTI Fadli Zon dalam sambutan onlinnya menyebutkan, momentum 50 tahun HKTI ini harus dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan penanaman bambu serentak di Indonesia. Bambu dianggap sebagai tanaman yang semua bagiannya bermanfaat. Baik itu batang, daun, akar sampai tunasnya pun bisa dimakan dengan nama rebung.

“Kami sekarang berada di Jawa Barat, tempat di mana bambu sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Banyak warga memanfaatkan bambu betung untuk berbagai peralatan, sampai bahan pangan. Begitu juga dengan Provinsi lain di Sumbar. Bahkan di China dan Jepang, bambu sangat dekat dengan keseharian rakyatnya,” kata anggota Komisi 1 DPR RI ini.

Ketua HKTI Sumbar Feri Arlius mengatakan, kegiatan ini sengaja dilakukan di perkebunan milik warga, karena sebagai kampanye penanaman bambu. Pohon yang juga berfungsi sebagai penahan dari runtuhnya tebing lahan. Selain itu, juga memiliki manfaat yang sangat banyak.

“Alhamdulilah, HKTI Sumbar bisa mengikuti kegiatan yang diinisiasi pengurus DPN HKTI di pusat. Kegiatan di Padayo Agro milik pak Verry Mulyadi berlangsung sukses. Kami juga dibantu Pemuda Tani HKTI dan Ikatan Mahasiswa Pencinta Alam (IMPALA) Fakultas Tekologi Pertanian Unand,” kata Feri Arlius.

Pemilik Padayo Agro Verry Mulyadi mengaku sangat senang dengan kegiatan penanaman bambu di lahan yang dia buka bersama warga sekitar tiga tahun lalu. Saat ini, di lahan telah ditanam ratusan pohon durian premium jenis musang king, bawor, ochi dan lainnya. Juga ditanam avokad, buah naga, mangga dan tanamana muda seperti terung dan pare.

“Terima kasih atas kedatangan pengurus DPD HKTI Sumbar ke tempat kami. Terima kasih juga atas penanaman pohon bambu betungnya yang akan sangat bermanfaat bagi tebing-tebing di lahan ini. Masih ada beberapa titik yang rawan terban dan semoga dengan bambu-bambu ini, bisa lebih stabil,” kata Verry Mulyadi. (rdr)

Exit mobile version