Sekda Padang Andree Algamar Naik Haji, Ini Sosok Penggantinya

Sifatnya PLH, selama 40 hari terhitung Sekda definitif berangkat naik haji

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, Arfian diangkat menjadi Kepala Inspektorat. (Foto: Dok. Radarsumbar.com)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Andree Harmadi Algamar dikabarkan berangkat ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi untuk menunaikan tugas sebagai Petugas Haji Daerah (PHD) tahun 2023.

Kabar tersebut dibenarkan langsung oleh Andree saat dikonfirmasi. “Iya, saya berangkat haji, kelompok terbang (kloter) 1, mohon doanya,” katanya, Minggu (4/6/2023) siang.

Andree mengatakan, dirinya hanya berangkat sendirian tanpa membawa serta istri dan kedua anaknya. “Hanya pergi sendiri,” katanya.

Sebagai pimpinan Aparatur Sipil Negara (ASN) tertinggi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang, posisi Sekda Padang ditinggal kosong sementara selama Andree Harmadi Algamar berada di luar negeri.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, Arfian mengatakan, pihaknya menunggu arahan langsung dari Wali Kota terkait sosok yang mengisi kursi tersebut.

“Terhitung kosong itu per Senin (5/6/2023), nanti dirapatkan dahulu siapa yang akan mengisi posisi Sekda Padang,” katanya.

Namun, sosok yang mengisi pos Sekda Padang itu, kata Arfian, hanya bersifat sementara dan berstatus Pelaksana Harian (Plh).

“Sifatnya PLH, selama 40 hari terhitung Sekda definitif berangkat naik haji,” ujarnya.

Arfian menjelaskan alasan bukan Wali Kota Padang, Hendri Septa atau Wakil Wali Kota (Wawako), Ekos Albar yang berangkat ke Tanah Suci.

“Karena pada saat seleksi, Pak Wawako belum dilantik pada saat itu, sehingga ditunjuklah Sekda, karena tidak mungkin Wako meninggalkan Kota Padang,” katanya.

Sebagaimana diketahui, kloter 1 pertama jamaah haji Sumbar akan masuk ke asrama, mulai Minggu (4/6/2023).

Sehari setelahnya, berangkat ke Tanah Suci. PHD akan ikut selama 40 hari sampai jamaah balik lagi ke Sumbar. Mereka terdiri dari ketua kloter, pembimbing ibadah, dokter dan perawat.

Anggota PHD lainnya bertugas membantu petugas haji kloter di bidang pelayanan umum, manasik haji, pembinaan jamaah, akomodasi, transportasi, dan sebagainya. (rdr-008)

Exit mobile version