Dispar Padang Prioritaskan Pemberantasan Pungli demi Capai Target 3 Juta Wisatawan

Silakan laporkan jika melihat atau mengalami tindakan pungli oleh pihak tak bertanggungjawab

Ilustrasi Pantai Padang. (Foto: Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Padang memprioritaskan pemberantasan pungutan liar (pungli) guna menggaet tiga juta wisatawan pada tahun 2023.

Kepala Dispar Kota Padang, Yudi Indra Syani mengatakan, permasalahan utama yang harus diatasi adalah pemalakan dan pungli di objek wisata utama, seperti Pantai Padang dan Pantai Air Manis.

Maraknya pemalakan dan pungli akan mengganggu kenyamanan bagi wisatawan sehingga bisa berdampak kepada turunnya jumlah kunjungan.

“Silakan laporkan jika melihat atau mengalami tindakan pungli oleh pihak tak bertanggungjawab, laporkan agar segera bisa ditindak,” kata Yudi kepada awak media, Selasa (6/6/2023).

Yudi juga meminta kepada wisatawan agar tidak mau saja membayar tarif parkir di luar ketentuan yang telah ditetapkan Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

“Tarifnya sama dengan tempat lainnya di mana motor di angka Rp2-3 ribu dan mobil Rp5 ribu. Jika diminta lebih dari itu, jangan diberi dan segera laporkan ke petugas,” katanya.

Selain itu, kata Yudi, pada tahun 2022, jumlah wisatawan mencapai 2.855.135 orang. Rincinya, 22.995 turis asing dan 2.832.140 wisatawan lokal.

“Tahun ini target naik menjadi tiga juta wisatawan, kami optimis untuk mencapai target,” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version