PPBD Kota Padang 2023-2024 Sudah Dibuka, Begini Cara Daftarnya!

PPDB bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara usia sekolah khususnya di Kota Padang agar memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas.

ilustrasi PPDB. (dok. istimewa)

ilustrasi PPDB. (dok. istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Memasuki tahun ajaran 2023-2024 Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pendidikan Kota Padang melaksanakan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SD dan SMP di Kota Padang.

PPDB bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara usia sekolah khususnya di Kota Padang agar memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas.

Daya tampung sekolah yang terbatas untuk dapat menerima jumlah peserta didik baru yang terdaftar, maka perlu diadakan sistem seleksi PPDB yang objektif, transparan, akuntabel, tidak diskriminatif, dan kompetitif.

Serta menjamin akses layanan pendidikan di Kota Padang dapat menjangkau ke semua lapisan masyarakat, dapat dilaksanakan dengan mudah, terjangkau dan berkualitas.

PPDB SD 2023-2024 Kota Padang terdiri dari beberapa jalur yaitu Zonasi, Afirmasi dan Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali.

Jalur PPDB SMP Kota Padang terdiri dari Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali dan Prestasi. Berikut caranya:

  1. Buka halaman website Siap PPDB Online Kota Padang: http://psb.diknaspadang.id/.
  2. Pada halaman tersebut, pilih salah satu jalur pendaftaran:
    • Untuk Siswa SD pilihannya: Zonasi, Afirmasi atau Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali.
    • Untuk Siswa SMP pilihannya: Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali atau Prestasi.
  3. Klik menu Alur Pendaftaran. Halaman ini berisi penjelasan dari alur pelaksanaan PPDB sesuai jalur yang dipilih.
  4. Klik menu Syarat Pra Pendaftaran. Halaman ini berisi ringkasan dari aturan dan prosedur versi resmi dari Dinas Pendidikan Kota Padang. Aturan dan prosedur dalam halaman ini dibuat dengan tujuan agar lebih mudah dipahami oleh masyarakat.
  5. Klik menu Jadwal SMP. Halaman ini berisi jadwal pelaksanaan PPDB di Kota Padang Tahun Ajaran 2023/2024.
  6. Klik menu Data Sekolah. Halaman ini berisi informasi daftar sekolah yang melaksanakan PPDB online di Kota Padang beserta daya tampungnya (Pagu) sesuai jalur yang dipilih.
  7. Klik menu Data Zonasi. Halaman ini berisi info lokasi pendaftaran PPDB sesuai jalur yang dipilih.
  8. Klik menu Daftar. Untuk mendaftar sebagai peserta, siapkan semua berkas yang dibutuhkan.
  9. Klik menu Hasil Seleksi. Di halaman ini pengumuman hasil seleksi PPDB online akan ditampilkan sesuai jadwal pengumumannya.

Anda dapat menghubungi langsung panitia pelaksana PPDB di masing-masing sekolah yang diminati untuk mendapat informasi lebih lanjut terkait dengan pelaksanaan PPDB tahun ini. Atau menghubungi Dinas Pendidikan Kota Padang di nomor telepon: (0751) 21554. (rdr)

Exit mobile version