Diikuti 43 Perupa, Pameran Wonderland Adiwarna Nusantara Digelar di Taman Budaya Sumbar

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Syaifullah (kanan) menyaksikan pameran Wonderland Adiwarna Nusantara di Galeri Taman Budaya Sumatera Barat di Padang, Senin. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Taman Budaya Sumatera Barat membuka pameran seni rupa tentang keajaiban Indonesia bertajuk Wonderland Adiwarna Nusantara di Padang, Senin.

“Pameran diikuti 43 perupa yang lolos seleksi dan dipamerkan mulai 19 Juni hingga 24 Juni 2023,” kata Kepala Taman Budaya Sumbar, Supriyadi di Padang, Senin.

Supriyadi menjelaskan, pameran itu diselenggarakan mahasiwa gabungan angkatan 2019 dan 2020 di Jurusan Seni Rupa, FBS UNP pada tahun 2023.

“Jika perbedaan bangsa melahirkan keindahan yang pasti, maka Nusantaralah sebagai jelmaan keindahan itu. Budaya adalah suatu identitas bagi negeri ini, maka perbedaan perbedaan membangkitkan adiwarna yang ada pada Nusantara menjadi kunci pokok pemikiran kegiatan pameran Ini,” terangnya.

Pameran Adiwarna Nusantara membebaskan perupa untuk menciptakan karyanya selama hal itu masih ada sangkut pautnya terhadap budaya di Nusantara.

“Hilang budaya maka hilanglah identitas bangsa, citra bangsa terpancar dari kebudayaannya,” katanya.

Ia berharap, semoga kegiatan itu akan bermanfaat dalam meningkatkan apresiasi masyarakat di bidang seni rupa.

Seorang pengunjung, Aditya mengaku kagum dengan karya seni rupa yang dipamerkan pada kegiatan tersebut.

“Di sini tidak hanya lukisan saja yang dipamerkan, tapi juga ada karya digital painting, kriya dan karya instalasi, semuanya bagus-bagus,” kata Aditya.

Sedikitnya seratusan pengunjung menyaksikan kegiatan pembukaan pameran seni rupa itu. (rdr/ant)

Exit mobile version